Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Sendang Kun Gerit Gemolong Sragen Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan

Penulis

  • Rulhy Adhy Sixnata Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Herning Suryo
  • Sihabuddin Sihabuddin

Abstrak

Kemajuan komunikasi dan teknologi akibat globalisasi telah menghadirkan peluang serta
tantangan bagi sektor pariwisata di Indonesia. Salah satu destinasi yang berkembang adalah
Sendang Kun Gerit, sebuah objek wisata berbasis pemandian alami di Kabupaten Sragen.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan
untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif dengan Teknik pengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang diterapkan meliputi
pemasaran online melalui media sosial, hubungan masyarakat, penjualan personal, serta
promosi penjualan. Strategi tersebut berkontribusi pada peningkatan jumlah wisatawan,
terutama selama musim liburan. Terbukti bahwasannya setiap bulannya mengalami
peningkatan jumlah pengunjung dan paling ramai terjadi di bulan Desember 2024 mencapai
35.231 orang yang berkunjung ke Sendang Kun Gerit.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Wisata, Sendang Kun Gerit

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-10

Cara Mengutip

Sixnata, R. A., Suryo, H., & Sihabuddin, S. (2025). Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Sendang Kun Gerit Gemolong Sragen Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Solidaritas, 9(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/12128

Terbitan

Bagian

Artikel