Komunikasi Persuasif Band Crashead Pada Isu Sosial Di Acara Hardcore Everyday
Abstrak
Fenomena Salah satu band yang bersuara mengenai isu sosial yaitu Crashead band asal Surakarta. Band Crasheadmerupakan band yang memiliki aliran musik Hardcore yang isi lagunya membawakan pesan terkait isu sosial di dalam karya mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif band Crashead pada isu sosial di acara Hardcore Everyday. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan teori pemrosesan informasi menurut Mcguire. Informan penelitian ini yaitu personil Crashead, dan mahasiswa yang menyukai musik Hardcore serta mengikuti band Crashead. Dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya proses komunikasi persuasif atau mempengaruhi dalam bermusiknya band Crashead terhadap audience yaitu mahasiswa. Proses komunikasi persuasif band Crashead menyampaikan pesan persuasif berupa isu sosial, dan audience yaitu mahasiswa memperhatikan pesan isu sosialnya, setelah itu mahasiswa akan memahami pesan isu sosialnya, mereka akan terpengaruh dan yakin argumen pesan isu sosial yang disampaikan, selanjutnya akan terjadi posisi adopsi baru bagi mahasiswa, dan yang terakhir terjadi perubahan perilaku mahasiswa yang diinginkan oleh band Crashead. Prosesnya persuasifnya itu terjadi secara verbal maupun nonverbal kepada mahasiswa. Band Crashead menyampaikan pemikirannya mengenai isu sosial secara verbal melalui acara konser-konser underground dan salah satunya adalah Hardcore Everydaysebagai wadah bagi mereka agar merubah perilaku audience mereka mengenai isu sosial yang sedang terjadi disekitar kita. Selain itu penyampaian secara nonverbal dengan pendengar musiknya yang mendengarkan melalui platform digital streaming dan melalui sosial media dari band Crashead.


