ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF CHANNEL YOUTUBE “KEMBAR MUSIC DIGITAL†UNTUK MENARIK MINAT PENONTON GENERASI Z PADA MUSIK CAMPURSAR
Abstrak
ABSTRAK
Minat penonton Generasi Z terhadap musik campursari pada chanel youtube kembar music
digital melalui komunikasi persuasif yang dikaitkan dengan jumlah viewers, like, subscriber
dan kolom komentar yang di isi sebagian besar oleh kalangan Generasi Z. Hal tersebut dapat
di lihat melalui profil akun viewers pada setiap postingan chanel youtube kembar music
digital. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis komunikasi persuasif dalam menarik
minat penonton pada Generasi Z . Adapun teori yang dilakukan dalam penelitian ini yakni
teori persuasif menurut efendy. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif dengan metode
kualitatif. Hasil dari penelitian bahwa minat penonton Generasi Z terhadap musik campursari
pada chanel youtube kembar music digital dipengaruhi dari pengolahan aransamen musik,
pemilihan lagu, pemilihan penyanyi serta kualitas video pada setiap postingan chanel youtube
kembar music digital. Hal ini dapat dibuktikan melalui wawancara terhadap informan yang
merupakan salah satu subscriber serta viewers kembar music digital yang telah dipastikan
tertarik terhadap musik campursari pada chanel youtube kembar music digital dan dapat juga
dipercaya pernyataanya yang akan dijadikan sumber data penelitian .
Kata Kunci : Kembar Music Digital, Komunikasi Persuasif, Minat Penonton Generasi Z