KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA MANAJER DAN KARYAWAN DALAM MENJAGA KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN PADA CAFE KOPI CENDANA KOTA SURAKARTA
Abstrak
ABSTRAK
Proses komunikasi dalam organisasi sangat penting untuk mengukur kinerja karyawan. Di cafe Kopi Cendana Kota Surakarta, manajer berperan penting dalam komunikasi interpersonal untuk mempertahankan kualitas pelayanan. Hasilnya terdapat peningkatan pengunjung namun juga terdapat kritik terkait komunikasi dan motivasi karyawan. Penelitian ini berfokus untuk mendeskripsikan komunikasi interpersonal antara manajer dengan karyawan dalam menjaga kualitas pelayanan di cafe Kopi Cendana Kota Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penelitian ini dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi interpersonal antara manajer dengan karyawan di cafe Kopi Cendana Kota Surakarta dilakukan dengan komunikasi verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal contohnya seperti percakapan tatap muka dan briefing, sementara komunikasi nonverbal melalui bahasa tubuh dan ekspresi wajah saat melayani pelanggan. Dalam menjalankan komunikasi interpersonal dilakukan dengan menjalankan 4 (empat) indikator yaitu keterbukaan, empati, sikap saling mendukung, kesetaraan . Sementara indikator sikap positif belum berjalan di komunikasi interpersonal manager dengan karyawan
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan, Kopi Cendana