Komunikasi Organisasi Paguyuban Pasar Triwindu Dalam Meningkatkan Pengunjung Di Pasar Triwindu Surakarta

Penulis

  • Bayu Tresna Setya Endrat Universitas Slamet Riyadi
  • Nurnawati Hindra Hastuti
  • Sihabuddin Sihabuddin

Abstrak

Paguyuban Pasar Triwindu merupakan organisasi yang berisi pedagang di Pasar Triwindu. Dalam paguyuban ini mempunyai berbagai upaya dalam meningkatkan pengunjung Pasar Triwindu pasca adanya pandemi covid-19 yang disebabkan oleh virus corona yang mengakibatkan pengunjung di pasar ini menurun. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana upaya komunikasi organisasi Paguyuban Pasar Triwindu dalam meningkatkan pengunjung di Pasar Triwindu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi organisasi yang diperkenalkan oleh Zelko dan Dance yang mencakup komunikasi internal dan komunikasi eksternal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Lokasi penelitian pada Pasar Triwindu Surakarta. Hasil penelitian ini adalah upaya komunikasi organisai Paguyuban Pasar Triwindu dalam meningkatkan pengunjung di Pasar Triwindu dengan komunikasi organisasi Zelko dan Dance yaitu pada tahap komunikasi internal, Paguyuban Pasar Triwindu memiliki upaya-upaya seperti; pola komunikasi strategi atau perencanaan, pemanfaatan media, dan evaluasi. Pada tahap komunikasi eksternal terdapat upaya dalam bentuk komunikasi secara langsung kepada pengunjung dan melakukan kerja sama atau kolaborasi dengan lembaga lain.
Kata kunci: Paguyuban Pasar Triwindu, Komunikasi Organisasi, Meningkatkan Pengunjung.

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Endrat, B. T. S., Hindra Hastuti, N., & Sihabuddin, S. (2025). Komunikasi Organisasi Paguyuban Pasar Triwindu Dalam Meningkatkan Pengunjung Di Pasar Triwindu Surakarta. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11296

Terbitan

Bagian

Artikel