KOMUNIKASI INTERPERSONAL FOTOGRAFER DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN

Penulis

  • Ivan Musthova Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Buddy Riyanto
  • Muadz Muadz

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemecahan masalah terkait masalah yang di alami fotografer Wibi Febrian dalam melakukan sebuah aktifitas komunikasi interpesonal dalam mempertahankan minat pelanggan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan analisa kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terhadap informan yang baik dari Wibi Febrian dan pengguna jasanya. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi interpersonal yang digunakan oleh Wibi Febrian dalam mempertahankan pelanggannya dengan menerapkan 2 type komunikasi, yakni komunikasi verbal dan non verbal antara Wibi Febrian kepada para pelanggannya. Penilaian terbalik justru dirasakan dari pihak pengguna jasa, pasalnya Wibi Febrian kurang menerapkan 5 sikap positif yakni berupa tidak melakukan respect,emphaty, audible, clarity and humble terhadap pelanggannya.

Kata Kunci    : Komunikasi Interpersonal, Wibi Febrian dan Pelanggan

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Musthova, I., Riyanto, B., & Muadz, M. (2025). KOMUNIKASI INTERPERSONAL FOTOGRAFER DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11196

Terbitan

Bagian

Artikel