KOMUNIKASI INTERPERSONAL FOTOGRAFER DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemecahan masalah terkait masalah yang di alami fotografer Wibi Febrian dalam melakukan sebuah aktifitas komunikasi interpesonal dalam mempertahankan minat pelanggan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan analisa kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terhadap informan yang baik dari Wibi Febrian dan pengguna jasanya. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi interpersonal yang digunakan oleh Wibi Febrian dalam mempertahankan pelanggannya dengan menerapkan 2 type komunikasi, yakni komunikasi verbal dan non verbal antara Wibi Febrian kepada para pelanggannya. Penilaian terbalik justru dirasakan dari pihak pengguna jasa, pasalnya Wibi Febrian kurang menerapkan 5 sikap positif yakni berupa tidak melakukan respect,emphaty, audible, clarity and humble terhadap pelanggannya.
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Wibi Febrian dan Pelanggan