PERAN MARKETING PUBLIC RELATIONSDALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN SERVICEMOTOR DI AHASS KINOKI MOTORINDO SRAGEN

Penulis

  • Hafidah Hafidah Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Abstrak

Dalam menghadapi persaingan bisnis, perusahaan tidak hanya perlu meningkatkan penjualan,tetapijuga harusmempertahankanpelanggan yang adadengancaramenjaga hubungan yang baik dengan mereka. Perkembangan pesat, khususnya dalam industri bengkel sepeda motor, menambah tantangan dan ancaman bagi para pelaku usaha untuk bersaing dan bertahan. Penelitianini mengkaji peran MarketingPublicRelations diAhass Kinoki MotorindoSragendalam mempertahankan loyalitaspelanggan. Fokus utama dari penelitian ini adalah: Bagaimana peran Marketing Public Relationsdalam mempertahankan loyalitas pelanggan Ahass Kinoki Motorindo Sragen? Penelitian ini disajikan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta mengikuti prosedur purposive sampling. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa peran Marketing Public Relationsyang diterapkan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di Ahass Kinoki Motorindo Sragen meliputi analisis masalah, perencanaan, tindakan, dan evaluasi. Selain itu, digunakan strategi tambahan seperti strategi pull (menarik) dan strategi pass(mempengaruhi). Namun, terdapat kendala yang dihadapi dalam penerapan peran dan strategi tersebut, baik dari faktor internal maupun eksternal perusahaan

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Hafidah, H. (2025). PERAN MARKETING PUBLIC RELATIONSDALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN SERVICEMOTOR DI AHASS KINOKI MOTORINDO SRAGEN. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11034

Terbitan

Bagian

Artikel