KOMUNIKASI INTERPERSONAL DRIVER SHOPEEFOOD DENGAN KONSUMEN

Penulis

  • Taufik Hidayat Universitas slamet riyadi
  • Maya Sekar Wangi
  • Andri Astuti Itasari

Abstrak

Industri layanan pesan-antar makanan saat ini mengalami persaingan yang semakin ketat. Hal ini memicu peningkatan penggunaan platform digital dikarenakan tersedianya berbagai alternatif pilihan bagi konsumen, sehingga menuntut perusahaan untuk mampu memberikan keunggulan atribut layanan dibandingkan dengan pesaingnya. ShopeeFood sebagai layanan baru memberikan berbagai manfaat namun kelemahannya adalah kesalahpahaman yang ditimbulkan dari komunikasi online atau tidak terhubung secara langsung saat memesan makanan. Maka dari itu, driver ShopeeFood sebagai pihak representative agaknya harus mengambil perhatian pengguna kembali yaitu dengan interaksi komunikasi secara interpersonal yang bertujuan memenuhi kepuasan dan loyalitas pengguna. Kepuasan konsumen merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan agar dapat memuaskan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal yang dilakukan driver shopeefood dengan konsumen untuk mendapatkan feedback yang baik. penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif, peneliti juga menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti juga menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan informan yang ahli dan dapat dipercaya pernyataannya yang akan digunakan untuk sumber data, informan dalam penelitian ini adalah driver shopeefood Solobaru dan konsumen shopeefood. Hasil dari penelitian ini didapat menggunakan teori komunikasi interpersonal dengan pendekatan humanitis dari Joseph Devito yang terdiri dari lima aspek yaitu, keterbukaan, empati sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Komunikasi interpersonal yang dilakukan driver shopeefood dengan konsumen sangat baik ketika orderan shopeefood berlangsung. Sehingga driver dan konsumen shopeefood saling memberikan dukungan dan saling menghargai sehingga meminimalisir perdebatan, komunikasi yang baik ini sangat diperlukan untuk mendapat feedback yang baik dari konsumen shopeefood serta menambah bintang pada profil driver shopeefood.

Kata Kunci :  Komunikasi Interpersonal, Driver Shopeefood, Konsumen Shopeefood

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Hidayat, T., Sekar Wangi, M., & Itasari, A. A. (2025). KOMUNIKASI INTERPERSONAL DRIVER SHOPEEFOOD DENGAN KONSUMEN. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11028

Terbitan

Bagian

Artikel