STRATEGI CHINA DALAM MENGUASAI PERDAGANGAN SMARTPHONE DI INDONESIA MELALUI MEREK OPPO PADA PERUSAHAAN OPPO ELECTRONIC CORP
Abstrak
Abstrak Globalisasi memberikan efek pada perkembangan IPTEK. Setiap negara turut aktif dalam mengikuti perkembangan IPTEK. Era globalisasi membawa semua orang berhadapan dengan perubahan. Indonesia termasuk salah satu negara yang terdampak akan adanya arus globalisasi. Kemajuan IPTEK yang ada di Indonesia tentu tidak terlepas dari efek globalisasi. Perkembangan ini ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin meningkat. Penguasaan teknologi menjadi prestise dan indikator kemajuan suatu negara termasuk didalamnya masyarakat negara tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi China dalam menjadikan negaranya sebagai negara yang mampu menguasai perdagangan Smartphone merek Oppo di Asia Tenggara.Penulis menggunakan teori perdagangan internasional dan teori globalisasi untuk melakukan analisis pada penelitian ini. Jenis penelitian yang dipakai alah penelitian kualitatif dengan sumber data primer dan sumber data sekunder. Kemajuan IPTEK dan kurangnya kemampuan Indonesia untuk memproduksi smartphone sendiri, memungkinkan China untuk mempromosikan kepada masyarakat luas yang membutuhkan Smartphone murah namun berkualitas baik. Salah satu alasan mengapa memberikan harga yang murah juga tentu saja karena biaya iklan yang tidak semewah produk lain.
Kata Kunci: China; Globalisasi; Indonesia; Perdagangan Internasional