HUBUNGAN ANTARA MOTIF DAN KEPUASAN PENONTONDALAM MENONTON YOUTUBE
Studi Korelasi Motif dan Kepuasan Penonton dalam Menonton Tonight Show di YouTube Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Surakarta
Abstrak
Tonight Show merupakan salah satu program talk show yang sangat popular di televisi dan juga memiliki kanal resmi di YouTube. Kehadirannya di YouTube menawarkan aksesibilitas untuk menjangkau penonton global. Oleh karena itu, pemahaman terhadap motif dan kepuasan penonton menjadi hal yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motif dan kepuasan penonton dalam menonton YouTube. Teori yang digunakan untuk menganalisa penelitian ini adalah teori uses and gratification. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepadan responden. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ilmu komunikasi di Surakarta yang berjumlah 3.248 mahasiswa dengan sampel penelitian berjumlah 100 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode random sampling untuk mengambil sampel. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan uji korelasi spearman. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara motif dan kepuasan dalam menonton Tonight Show di YouTube. Hal tersebut ditandai dengan diperolehnya nilai koefisien korelasi sebesar 0,864. Dalam intrepretasi spearman rank, nilai tersebut artinya adanya hubungan yang sangat kuat pada motif dan kepuasan dalam menonton YouTube.