Komunikasi, Instagram, Parenting KONTEN EDUKASI PARENTING DI INSTAGRAM @POBEE.ID DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUCT BERMAIN ANAK
Abstrak
Diera digital seperti sekarang banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan sebagai ladang mencari uang, contohnya seperti media sosial instagram, yang dimana saat ini telah menjadi media alternatif dalam bidang pemasaran maupun promosi. Secara garis besar, setiap orang dapat melakukan bisnis melalui media sosial instagram. Instagram menyebar luaskan foto dan video dengan fitur yang disajikan dan media sosial yang paling populer. Pobee.id hadir sebagai brand produsen pembuat mainan anak yang memanfaatkan media sosial instagram untuk keperluan jual beli hingga berinteraksi dengan para follower. selain untuk keperluan marketing, yang menarik dalam konten-konten instagram @pobee.id ini adalah metode mengedukasi cara menggunakan produk dan parenting yang di kemas lewat video (reels) maupun postingan beberapa gambar (carousel). Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konten edukasi parenting di instagram pobee.id dalam meningkatkan penjualan produk bermain anak. Untuk menjelaskan fokus penelitian ini secara mendalam, pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan wawancara, dalam penelitian ini menggunakan teori dari Hoghughi, Masud S, and Long (2004) Memberikan edukasi serta memastikan bahwa edukasi yang di sampaikan oleh orang tua dapat berjalan serta dapat dilaksanakan oleh anak. Prinsip parenting lebih mementingkan perkembangan anak dan kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan daripada dengan anak itu sendiri. Dari penelitian ini memamparkan bahwa konten edukasi parenting Pobee.id dapat membantu informan dalam mengedukasi anak hingga mengajarkan anak aktivitas yang melatih stimulasi hingga dapat mengurangi ketergantungan anak bermain gadget menjadi lebih kreatif dan aktif. Dari versi orang tua juga mendapatkan wawasan tentang bagaimana mengedukasi anak lewat bermain, dan bagaimana pola asuh yang benar saat anak memasuki usia pra sekolah kemudian dapat di praktekan di rumah ketika bersama dengan anak. Melalui konten edukasi parenting pobee.id memanfaatkanya sebagai media promosi di Instagram untuk menjual produk bermain anak, dari data yang didapat oleh peneliti setiap tahunnya penjualan pobee.id mengalami peningkatan, pada periode tahun 2020 penjualan produk total Rp.70.176.419. periode tahun 2021 Rp.141.456.751. periode tahun 2022 Rp.176.472.842. untuk tahun 2023 tercatat sampai bulan November penjualan produk telah mencapai Rp.254.968.998.
Kata kunci: Komunikasi, Instagram, Parenting, Konten Edukasi