STRATEGI PEMBERITAAN MEDIA ONLINE LPP RRI SURAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA
Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang Strategi Pemberitaan Media Online LPP RRI Surakarta Dalam Mempertahankan Eksistensinya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data primer berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta sumber data sekunder dengan melakukan studi pustaka dan studi dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah pranata siaran ahli madya sekaligus redaktur di LPP RRI Surakarta dan juga pembaca berita media online RRI yang berstatus mahasiswa, teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah Strategi yang digunakan oleh LPP RRI Surakarta dalam memilih isu isu yang akan diangkat sebagai sebuah berita diantaranya : 1) Melaksanakan prosedur perusahaan untuk mengutamakan isu isu aktual, 2) Memilih isu berdasarkan asaz kebermanfaatan terhadap pembaca, 3) Melakukan investigasi langsung ke lapangan, jenis berita yang diterbitkan adalah straight news dan new feature, dengan rubrik : berita, ekonomi, hukum, olahraga, dan gaya hidup, strategi penyajian berita yang diterapkan adalah dengan menerapkan standar tersendiri dan terdapat 3 unsur yang dijadikan kriteria di LPP RRI Surakarta untuk menilai kelayakan berita, yaitu mengandung unsur kebaruan, penting dan menarik.
Kata kunci : strategi pemberitaan, eksistensi, media online