The STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN INDUSTRI KERAJINAN SANGKAR DIAMOND DI MOJOSONGO BOYOLALI

Penulis

  • Agus Setiaji Ajik
  • Nurnawati Hindra Hastuti
  • Estu Widiyowati

Abstrak

Penelitian ini, membahas mengenai penerapan suatu strategi komunikasi yang digunakan dalam sebuah pemasaran industri pada kerajinan sangkar burung Diamond yang ada di Mojosongo Boyolali. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana strategi-strategi komunikasi yang digunakan oleh pengrajin sangkar burung Diamond dalam memasarkan hasil industrinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengkaji suatu masalah yang ada dan memperoleh data secara langsung. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data  secara observasi atau pengamatan pada tempatnya langsung dan wawancara kepada narasumber yang bersangkutan. Serta menganalisis data dengan mengkaji permasalahan kemudian dengan dasar teori-teori yang sudah ada. Hasil penelitian ini adalah dari data yang diperoleh penulis dari wawancara ke narasumber yang bersangkutan dapat disimpulkan bahwa pengerajin kerajinan sangkar diamond di Mojosongo Boyolali dapat menerapkan strategi komunikasi pemasaran berupa strategi bauran pemasaran dalam usaha untuk meningkatkan jumlah penjualan pasca pandemi Covid-19. Strategi penjualan yang dilakukan dengan adanya event kontes burung dan menggunakan media online facebook dan instragam.

 

Kata Kunci: Strategi, Sangkar Burung, Pemasaran

Diterbitkan

2024-05-22

Cara Mengutip

Setiaji, A., Hindra Hastuti, N., & Widiyowati, E. (2024). The STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN INDUSTRI KERAJINAN SANGKAR DIAMOND DI MOJOSONGO BOYOLALI. Solidaritas, 8(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/10345

Terbitan

Bagian

Artikel