THE IMPACT OF K-POP ON YOUTUBE ONLINE MEDIA ON PATTERNS OF COMMUNICATION BETWEEN INDIVIDUALS IN INDOMYSOLAR BTS ARMY COMMUNITY IN SOLO

Penulis

  • Arga Widi Utama Unisri
  • Maya Sekar Wangi
  • Siswanta Siswanta

Abstrak

Bangtan Boys (BTS) adalah boyband asal Korea Selatan yang telah menarik banyak perhatian anak muda, hingga tidak jarang terbentuk komunitas-komunitas atas dasar kegemaran yang sama. Salah satu komunitas yang terbentuk yakni INDOMYSOLAR yang berbasis di Kota Solo. Cara para penggemar menikmati hasil karya BTS adalah dengan mendengarkan musik-musiknya melalalui media online Youtube. Kegemaran ini akhirnya menimbulkan dampak, khususnya dalam pola komunikasi antar individu para anggota komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak K-Pop pada media online Youtube terhadap pola komunikasi antar individu dalam komunitas INDOMYSOLAR. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bermaksud untuk menggamabrkan pola komunikasi antar individu dalam komunitas INDOMYSOLAR. Guna memperoleh data untuk penelitian ini, peneliti menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan teknik purposive sampling. Demi memberikan hasil penelitian yang relevan, peneliti menggunakan tringulasi sumber, tringulasi teknik, dan tringulasi waktu yang dapat digunakan sebagai validitas data. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menjelaskan adanya dampak perubahan pola komunikasi para anggota komunitas INDOMYSOLAR. Dimana sebelum mengenal K-Pop para anggota berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Kemudian setelah mengenal K-Pop, ada tambahan bahasa baru yaitu bahasa Korea dalam pola komunikasi para anggota. Dengan pola bahasa code mixing dan outer mixing, menjadikan penggunaan bahasa Korea sebagai ciri khas dalam proses komunikasi antar anggota komunitas INDOAR.k

Kata Kunci: BTS, Perubahan Pola komunikasi, K-Pop

 

Diterbitkan

2024-05-22

Cara Mengutip

Widi Utama, A., Wangi, M. S., & Siswanta, S. (2024). THE IMPACT OF K-POP ON YOUTUBE ONLINE MEDIA ON PATTERNS OF COMMUNICATION BETWEEN INDIVIDUALS IN INDOMYSOLAR BTS ARMY COMMUNITY IN SOLO. Solidaritas, 8(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/10062

Terbitan

Bagian

Artikel