Model Project Based Learning Di Pembelajaran Sains Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik

Penulis

  • Fatma Sukmawati Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v6i2.7912

Abstrak

 

Proses membangun karakter berlangsung terus menerus dan seyogianya dilakukan melalui pendidikan sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai. Studi literatur tentang pembangunan karakter dapat ditinjau dari berbagai aspek, di antaranya melalui pembelajaran bidang studi tertentu, melalui pengembangan kemampuan berpikir; mengintegrasikan domain kognitif, afektif dan psikomotor; memfokuskan pada ipteks dan imtaq, dan pengembangkan sikap ilmiah. Pembangunan karakter melalui pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu alternatif dalam pendidikan sains. Kebiasaan berpikir (habits of mind) sebagai perilaku cerdas jauh lebih penting dibandingkan dengan membekalkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik melalui pendidikan sains. Habits of mind dalam arti perilaku cerdas dapat dilatihkan dan diukur pencapaiannya. Semua itu dimungkinkan apabila pendidikan sains menekankan pembelajaran berbasis proyek. pendekatan berbasis proyek dalam pembelajaran sains menjadi bidang yang menarik untuk diteliti, karena memiliki nilai tinggi dalam peningkatan kualitas belajar siswa dalam membentuk karakter.

 

Diterbitkan

2022-08-01