Peranan Problem Based Learning dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v5i2.5874Abstrak
The research aims at describing the result of analyzing previous studies about the implementation of Problem based Learning at elementary schools in Indonesia and abroad. They type of research is library research. The techniques in collecting the data used document analysis that consists of 8 articles published in national journal, 2 articles published in international journal and 1 article published in proceeding of international seminar. The technique in analyzing the data used data display, data reduction and drawing conclusion. Research findings show that there are nine roles of problem based learning (PBL) in improving the learning quality at elementary schools that PBL improve learning objectives, motivation, activities, cooperation, critical thinking, problem solving ability, positive attitude and behavior, and cognitive affective and psychomotor of the students as well as the quality of learning
Referensi
Alita, Khintan Ustino, Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(1), 169–173. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Dewi, T. A., & Wardani, N. S. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik melalui pendekatan problem based learning siswa kelas 2 SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 234–242. https://www.academia.edu/37809856/Peningkatan_hasil_belajar_tematik_melalui_pendekatan_problem_based_learning_siswa_kelas_2_SD
Dole, S., Bloom, L., & Doss, K. K. (2017). Engaged Learning: Impact of PBL and PjBL with Elementary and Middle Grade Students. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(2), 7–11. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1685
Drake, K. N., & Long, D. (2009). Rebecca’s in the dark: A comparative study of problem-based learning and direct instruction/experiential learning in two 4th-grade classrooms. Journal of Elementary Science Education, 21(1), 1–16. https://doi.org/10.1007/bf03174712
Febriyanti, S., Istihapsari, V., & Afriady, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sd Negeri Balecatur I Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 1283–1292. http://eprints.uad.ac.id/21474/
Lestari, N. A. P., & Dewi, M. S. A. I. (2021). PENGARUH IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SD GUGUS IV KECAMATAN MENDOYO. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 52–70. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14669
Puspita, V., & Yuhelman, N. (2017). Perspektif Pendidikan dan Keguruan. Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning Di Kelas III Sd, VIII(1), 32–40. https://journal.uir.ac.id/index.php/Perspektif/article/view/746
Rachman, I., Matsumoto, T., Soesanto, Q. M. B., & Septiana, A. I. (2021). The Implementation of Problem-Based Learning ( PBL ) for Environmental Education in Elementary Schools. Proceedings of the 5th Asian Education Symposium 2020 (AES 2020), 566(Aes 2020), 316–322.
Raharjo, F. S., Sulistiyono, R., & Widyastuti, N. S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Dan Media Sway Secara Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas III SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul Bantul. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 1237–1251. http://eprints.uad.ac.id/21470/
Rahayu, I., & Yulistiani, I. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN KENCANA INDAH II. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 219–230. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i2.28
Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sd. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, VI(2), 93–99. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/334
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.