GAMBARAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA ALIH JENJANG SEMESTER AKHIR DALAM MNYUSUN SKRIPSI DI UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v5i2.5871Abstrak
UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA
FAKULTAS KESEHATAN
PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN
Â
Skripsi, Juli 2021
Mukti Ronawati 1 Ririn Isma Sundari 2) Mariah Ulfah 3)
Gambaran Tingkat Stress Mahasiswa Alih Jenjang Semester Akhir di Universitas Harapan Bangsa Dalam Menyusun Skripsi.
Â
ABSTRAK
Tuntutan akademik yang dihadapi mahasiswa menjadi stresor bagi mahasiswa. Adanya beberapa kesulitan dalam pengerjaan skripsi yaitu sulit untuk menghadapi/menjumpai dosen, kegiatan di luar kuliah (bekerja), usia, serta sulitnya proses bimbingan skripsi kepada dosen menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan stres dalam proses penyelesaian skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat stress mahasiswa alih jenjang semester akhir di Universitas Harapan Bangsa dalam menyusun skripsi. Metode Penelitian ini kuantitatif. Sampel sejumlah 76 mahasiswa alih jenjang semester akhir Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi S1 Keperawatan di Universitas Harapan Bangsa responden yang diambil dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukan Karakteristik mahasiswa alih jenjang tingkat akhir Univesitas Harapan Bangsa dalam penyusunan skripsi. sebagian besar berumur dewasa awal, berjenis kelamin perempuan, memiliki pekerjaan sebagai karyawan swasta dan dan berada pada tahap penyusunan setelah seminar proposal. Tingkat stress mahasiswa alih jenjang tingkat akhir Univesitas Harapan Bangsa dalam penyusunan skripsi sebagian besar dalam kategori sangat berat.
Â
Â
Kata Kunci : Tingkat Stress, Mahasiswa Alih Jenjang, Menyusun Skripsi.
Â
HARAPAN BANGSA UNIVERSITY
HEALTH FACULTY
NURSING BACHELOR STUDY PROGRAM
Â
Thesis, July 2021
Mukti Ronawati 1 Ririn Isma Sundari 2) Mariah Ulfah 3)
Description of Stress Levels of Final Semester Transfer Students at Harapan Bangsa University in Compiling Thesis
Â
ABSTRACT
Academic demands faced by students become stressors for students. There are several difficulties in working on the thesis, namely it is difficult to face/meet lecturers, activities outside of college (work), age, and, the difficulty of the thesis guidance process to lecturers is one of the factors which causes stress in the process of completing the thesis. This study to describe the stress level of final semester transfer students at Harapan Bangsa University in preparing a thesis. Methods This research is a quantitative. A sample of 76 students transferred to the final semester of the Faculty of Health Sciences, S1 Nursing Study Program at Harapan Bangsa University respondent was taken using a total sampling technique. The results of the study showed the characteristics of the final level transfer students at Harapan Bangsa University in the preparation of the thesis. most of them are in early adulthood, are female, have jobs as private employees and are in the stage of preparing post the seminar proposal. The stress level of the final level transfer students at Harapan Bangsa University in the preparation of the thesis is mostly in the very severe category.
Â
Â
Keywords: Stress Level, Transfer Students, Compiling Thesis.
Referensi
Brizendin. (2012). The Femaile Brain (Penerjemah: Meda Satrio (ed.)). Ufuk Press.
Carsita, W. N. (2018). Tingkat Stres Pada Mahasiswa Keperawatan Yang Menyusun Skripsi. Jurnal Kesehatan Indra Husada Vol 6. No 2 Juli-Desember 2018, 6(2), 76–80.
Faela, H.A. (2013). Hubungan antara Komunikasi Interpersonal Dosen Pembimbing Mahasiswa dan Problem Focused Coping dengan Stres dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa FKIP Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus. Naskah Publikasi: Universitas Muria Kudus.
Hamzah, B. & Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa STIKES Graha Medika Indonesian Journal for Health Sciences Vol. 4, No. 2, September 2020, Hal. 59-67, ISSN 2549-2721 (Print), ISSN 2549-2748 (Online).
Henricus. (2016). Konsep Stres Kerja Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia , 1(1), 80 -85
Indarwati. (2018). Gambaran Stres Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Penyusunan Skripsi Di Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Uin Alauddin Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Lazarus, R.S. & Folkman, S. (2011). Stress, Appraisal And Coping. Springer US.
Lubis & Nurlaila. (2010). Mengapa Tingkat Stres Pelajar Makin Tinggi, diakses dari: www.vivanews.com/news/read/120642-mengapa_tingkat_stres_ pelajar_makin_tinggi.
Maisa, E. A., Andrial, Murni, D., & Sidaria. (2021). Hubungan Stres Akademik dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir Program Alih Jenjang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), Februari 2021, 438-444, 21(1), 438–444. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1345
Marbun, A.P.S., Arneliwati & Amir, Y. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Mahasiswa Program Transfer Keperawatan Yang Sedang Menyusun Skripsi, e-Journal: Ilmu Keperawatan Universitas Riau
Nurliana, S. (2016). Panduan Mengatasi Stres Bagi Remaja. Jakarta: Gemilang
Rahmawati, F. (2014). KUALITAS TIDUR DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PROGRAM Pendahuluan Metode. 1–8.
Retno, W., Ridlo, S. & Isnaeni, W. (2020). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semaran, Jurnal Pendidikan Biologi | Vol. 12, No. 1, Agustus 2020, Pp. 8-15.
Suwartika, I., Nurdin, A., & Ruhmadi, E. (2014). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stress Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D Iii Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. The Soedirman Journal of Nursing), 9(3), 173–189. http://jks.fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks/article/viewFile/612/337
Syahputra, N. (2009). Hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa S1 keperawatan semester III kelas ekstensi. Jurnal. [Serial Online].
Wahyudi et.al. (2015). Hubungan Kebiasaan Berolahraga dengan Tingkat Stress pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun Pertama. Universitas Riau.
Wulandari et.al. (2013). Buku Peran Hormon sebagai Regulator Fungsi Organ (F. K. dan I. Kesehatan (ed.)). UIN Syarif Hidayatullah.
Zhang, Y., Chernaik, M., & Hallet, K. (2017). Relationship Issues Among College Nursing Students: Associations With Stress, Coping, Sleep, and Mental Disorders. Teaching and Learning in Nursing, 12(4), 246–252. https://doi.org/10.1016/j.teln.2017.06.005
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.