Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Hasil Percobaan pada Pembelajaran IPA materi gaya melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v5i2.5823Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan keterampilan menyimpulkan hasil percobaan pada muatan pembelajaran IPA materi gaya pada peserta didik kelas IV SD N Â Kandangsapi 1 Sragen, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan menyimpulkan hasil percobaan pada mata pembelajaran IPA materi gaya peserta didik kelas IV SD N Kandangsapi 1 Sragen. Penelitian ini berjenis PTK yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi, tes unjuk kerja. Uji validitas data menggunakan triangulasi. Data dianalisis dengan teori Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan keterampilan menyimpulkan, pada pra siklus peserta didik yang tuntas ada 11 atau 48 % dengan rata-rata 55,50. Hasil tindakan pada siklus I meningkat menjadi 14 peserta didik yang tuntas atau 56% dengan rata-rata nilai 68,75. Hasil siklus II meningkat kembali menjadi 20 peserta didik atau 80% peserta didik masuk kategori terampil menyimpulkan hasil percobaan dengan rata-rata nilai 81,50.Unduhan
Diterbitkan
2021-08-01
Terbitan
Bagian
Artikel
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.