Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Omzet Penjualan UMKM Kuliner Partner Gofood Di kota Solo
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v5i1.4923Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jam kerja operasional, jumlah pesanan, biaya produksi, dan biaya promosi terhadap omzet penjualan pada mitra kuliner GoFood di Solo. Jenis penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah seluruh UMKM kuliner di kota Solo yang telah memanfaatkan aplikasi GoFood. Sampel menggunakan 100 orang pengusaha, diambil dengan teknik purposive sampling. Kriteria sampel adalah pengusaha yang memiliki izin usaha dan menempati tempat usaha tetap dan bukan PKL. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang dikumpulkan langsung dari responden melalui jawaban kuesioner. Uji persyaratan regresi dilakukan melalui uji Asumsi Klasik. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jam kerja operasional, jumlah pesanan, dan biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap omzet penjualan pada UMKM kuliner mitra GoFood di Solo sedangkan biaya promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap omzet penjualan. Kata kunci: jam kerja operasional, jumlah pesanan, biaya produksi, biaya promosi, omzet penjualanReferensi
Firdausa, R.A. dan Arianti, F., 2013, “Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha dan Jam Kerja Terhadap
Pendapatan Pedagang Kios Di Pasar Bintoro Demakâ€, Diponegoro Journal Of Economics, Vol.
(1), Hal. 1-6.
Fitalokasari, M., 2017, “Pengaruh Curahan Jam Kerja, Jumlah Penumpang, Jumlah Tanggungan
Keluarga dan Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Supir Angkutan Umum di Kota Batuâ€,
Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 5 (1), Hal. 38–75.
Indraswari, A. dan Kusuma, H., 2018, “Analisa Pemanfaatan Aplikasi Go-Food Bagi Pendapatan
Pemilik Usaha Rumah Makan Di Kelurahan Sawojajar Kota Malangâ€, Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol
. 2 (1), Hal. 63–73.
Prapti, L. dan Rahoyo, 2018, “Dampak Bisnis Kuliner Melalui Gofood Bagi Pertumbuhan Ekonomi di
Kota Semarangâ€, Dinamika Sosial Budaya, Vol. 20 92), Hal. 120-133.
Suryadi, D.F., dan Ilyas, M.I.F., 2018, â€Adopsi Online Food Delivery Service Bagi Wirausaha Pemula di
Kota Makassar (Studi Kasus Pada Big Bananas)â€, Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M)
, Hal. pp.75-80.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.