KONSTRUKSI MEDIA DALAM 100 HARI PEMERINTAHAN JOKOWI PERIODE KE- 2 (Analisis Framing pada Kanal Youtube detikcom dan tempodotco)

Penulis

  • Haryo Kusumo Aji Universitas Slamet Riyadi
  • Herning Suryo Sardjono Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v5i1.4565

Abstrak

Youtube sebagai media yang paling banyak diakses di Indonesia menjadi sasaran media jurnalistik dengan membuat channel yang berisi berita. Detik.com dan tempo.co salah satu media online terbesar di Indonesia yang menggunakan Youtube sebagai media jurnalistik dengan nama detikcom dan tempodotco. Tujuan penelitian ini adalah melihat konstruksi media online dalam membingkai berita dari Pemerintahan Jokowi Periode kedua, khususnya di 100 hari pertama. Hal ini penting untuk melihat arah media dalam memberitakan kebijakan pemerintah. Penelitian ini mengkonstruksi media online yang dalam hal ini adalah youtube yang memberitakan tentang 100 hari pemerintahan Jokowi periode ke-2. Dari thumbnail atau judul yang diberikan oleh masing-masing media memang secara garis besar memperlihatkan keberimbangan, karena memang kedua media ini adalah media nasional yang memiliki integritas yang baik dalam menyampaikan berita. Namun dalam segi angle, kedua media ini memberikan fokus pemberitaan yang berbeda, dimana detikcom lebih fokus kepada program pemerintah, dan tempodotco lebih fokus kepada kritik dari pemerintahan. Kata kunci: Konstruksi, framing, media, online, youtube

Referensi

Eriyanto. 2012. Analisis Framing, Konstruksi, Ideology dan Politik Media. Yogyakarta: LkiS

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika

Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Medai Massa. Jakarta : Granit

Meleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitaif. Bandung : Rosdakarya

Sobur, Alex. 2012. Analisis Teks Media. Bandung. PT Remaja Rosda Karya

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-12