PENGEMBANGAN PRODUK HERBAL MELALUI WIRAUSAHA “ES KEBAL†(ES KRIM HERBAL)
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3404Abstrak
Es Krim merupakan salah satu kuliner yang banyak digemari dari semua orang karena memiliki tekstur es krim yang lembut dengan rasa yang manis menjadikan kombinasi sempurna. Pada umunya es krim yang beredaran dipasaran hanya memiliki varian rasa coklat, strawberry dan vanilla. Dengan adanya komposisi yang berbahan dasar herbal seperti kunyit, jahe, temulawak, kayu manis, daun stevia dan daun sinom. Menjadikan es krim ini berbeda pada es krim lainnya, yang hanya memberikan rasa kenikmatan semata namun tidak memberikan efek menyehatkan bagi tubuh. Kini telah hadir produk Es Krim Herbal yang memberikan varian rasa rempah-rempah seperti jahe, kunyit dan temulawak. Perlu kita sadari bahwa rempah-rempah memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Survey pasar dan pengembangan produk menjadikan Es Krim Herbal dari hasil kelayakan usaha, bahwa usaha Es Krim Herbal (ES KEBAL) layak untuk dilakukan oleh industry rumah tangga. Karena memiliki peluang yang besar dengan cita rasa unik dan mencakup semua kalangan konsumen dari anak-anak sampai orang dewasa. Degan modal Rp. 429.500 yang menghasilkan 100 cup. Dengan harga pasaran Rp. 5000 x 100 cup maka akan menghasilkan pendapatan Rp. 500.000. Jadi keuntungan yang di peroleh Rp. 500.000- Rp. 429.500 = Rp. 70.500. Dengan demikian pendapatan bersih sebesar Rp. 70.500.Dengan mengunkan metode penelitian Analasis keuntungan, Analsis Benefit Cost Ratio, Analisi Break Even Point atau titik impas, Analsis pengambalian Modal, Analisis efisiensi modal.
Saran bagi pemakai prodak ini adalah untuk semua konsumen setelah mengkonsumsi Es Krim Herbal memiliki banyak manfaat salah satunya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
Kata Kunci: Usaha, Es Krim, Herbal, Kuliner dan Sehat
Referensi
Basu Swastha dan Irawan. 2005. Asas-AAAasas Marketing, Liberty: Yogyakarta.
Geiger, James L. 2005. The essential oil of ginger, Zingiber officinale, and anaesthesia. The_International Journal of Aromatherapy.
Kolter, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hall.
Kolter, Philip. 2000. Marketing Management. The Millenium edition, International Edition, . Prentice Hall, Inc, New Jersey.
Navvaro. 2002. Apotik Hidup dari Rempah-Rempah dan Tanaman Liar. Intan Pariwara: Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Windono, dkk. 2002. Apotik Hidup dari Rempah-Rempah dan Tanaman Liar. Yrama Widya: Bandung
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.