Hubungan Efikasi Diri (Self Efficacy ) Dan Pengembangan Diri Terhadap Komunikasi Antar Pribadi (Penelitian Pada Guru Sekolah Dasar Gugus IX Kota Surakarta)

Penulis

  • Oktiana Handini Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Kegruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Soewalni Soekirno Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Kegruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3395

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk membuktikan adanya hubungan yang signifikan antara Efikasi diri ( Self Efficacy) dengan Komunikasi Antar Pribadi Pada Guru Sekolah Dasar Gugus IX Kota Surakarta (2).Untuk membuktikan adanya hubungan yang signifikan antara Pengembangan Diri dengan Komunikasi Antar Pribadi Pada Guru Sekolah Dasar Gugus IX Kota Surakarta (3). Untuk membuktikan adanya hubungan yang signifikan antara Efikasi diri ( Self Efficacy) dan Pengembangan Diri dengan Komunikasi Antar Pribadi Pada Guru Sekolah Dasar Gugus IX Kota Surakarta Data penelitian ini adalah data primer, yang diperoleh dari angket atau kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji validitas, analisis regresi, Uji t, Uji F, Uji koefisien determinasi dan analisis asumsi klasik. Hasil uji t pada
persamaan pertama dapat disimpulkan bahwa variabel Efikasi Diri berkontribusi positif
dan signifikan terhadap Komunikasi Antar Pribadi. Hasil uji t pada persamaan kedua
dapat disimpulkan bahwa variabel Pengembangan Diri berkontribusi positif dan
signifikan terhadap Komunikasi Antar Pribadi. Hasil uji t pada persamaan ketiga dapat
disimpulkan bahwa Efikasi Diri dan Pengembangan Diri berkontribusi positif dan
signifikan terhadap Komunikasi Antar Pribadi. Hasil uji F dapat disimpulkan secara
bersama-sama variabel Efikasi Diri dan Pengembangan Diri berkontribusi terhadap
Komunikasi Antar Pribadi. Nilai R2 total sebesar 0,957 proporsi pengaruh variabel
Efikasi Diri dan Pengembangan Diri terhadap variabel Komunikasi Antar Pribadi
sebesar 95,7%. Artinya, Efikasi Diri dan Pengembangan Diri memiliki proporsi
pengaruh terhadap Komunikasi Antar Pribadi sebesar 95,7%., sedangkan sisanya 4,3%
(100% - 95,7%) dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil uji asumsi klasik uji regresi linier
ganda dapat disebut sebagai model yang baik karena model tersebut memenuhi asumsi
normalitas dan bebas dari asumsi klasik.
Kata Kunci : Efikasi Diri, Pengembangan Diri, Komunikasi Antar Pribadi

Referensi

A.G.Lunadi.(1987). Komunikasi Mengena.Yogyakarta : Kanisius

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman Company.

Bandura, A,.&Locke, E. A. (2003). Negative Self-Efficacy and Goal Effects Revisited.Journal of Applied Psychology. Vol. 88, No.1, 87-99. [Online]. http://www.emory.edu/education/. Tanggal akses: 29 Januari 2019.

Deddy Mulyana, 2005, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Indi, A. D. A. (2009). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahapeserta didik Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Skripsi USU.

Jalaludin Rakhmat, (1994), Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya

Littlejohn, (1999), Theories of Human Communication, Belmont, California: Wadsworth Publishing Company.

McCroskey, J. (1984). The Communication Apprehension Perspective. [Online]. . (1995). Self-Efficacy and Education and Instruction. In J.E. Maddux (Ed,.), Self-Efficacy, Adaptation, and Adjusment: Theory, Research, and Application (pp.281-303) New York: Plenum. SyarifudinYunus, https://news.detik.com/kolom/3741162/mengkritisi kompetensi-guru diunduh Selasa 29 Januari 2019, 21:06 WIB

Suranto,AW, (2002), Komunikasi Antar Pribadi, Bandung: Rosdakarya

The SEA Program: Model of Self-esteem, (2004). The Tool of Coping Series and the SEA’s Program Recovery. [Online]. http://www.esteem.model.htm.Tanggal akses: 29 Januari 2019

Zimmerman, B.J., & Bandura, A. (1994). Impact of Self-Regulatory Influences on Writing Course Attainment. American Educational Research Journal, 31, 845-862.

Diterbitkan

2020-01-11