ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP KINERJA PASAR (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO PERIODE 2012-2016)
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2616Abstrak
Penelitian ini mempelajari fenomena Initial Public offerings (IPO) perusahaan-perusahaan yang ada di Bursa Efek Indonesia, dengan menguji pengaruh manajemen laba terhadap kinerja pasar pada perusahaan yang melakukan IPO periode 2012-2016 . Manajemen laba yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan discretionary accrual yang diperoleh dari model modified Jones. Kinerja pasar dihitung dengan menggunakan CAR (Cummulative Abnormal Return). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini berjumlah 79 perusahaan. Pengujian pengaruh antara manajemen laba dengan kinerja pasar dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh negatif signifikan antara manajemen laba terhadap kinerja pasar dengan tingkat signifikansi sebesar 0,009.Kata-kata kunci : initial public offerings, accruals based earning management, Cummulative Abnormal Return
Unduhan
Diterbitkan
2019-01-12
Terbitan
Bagian
Artikel
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.