KEEFEKTIFAN KONSELING CBT TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KUAT DAN CERDAS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SLAMET RIYADI
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2591Abstrak
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter kuat dan cerdas pada mahasiswa melalui teknik self instruction. Metode penelitan menggunakan eksperimen dengan rancangan nonequivalent group pretest-postest control design. Subyek penelitian adalah mahasiswa FKIP UNISRI. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Nilai signifikansi kelompok eksperimen sebesar 0,005 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya layanan konseling kelompok CBT teknik self instruction efektif untuk meningkatkan karakter kuat dan cerdas mahasiswa Universitas Slamet Riyadi.Kata Kunci : Konseling, Self instruction, Karakter
Unduhan
Diterbitkan
2019-01-11
Terbitan
Bagian
Artikel
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.