PERANAN KARAKTERISTIK TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERILAKU KONSUMEN ONLINE (PENDEKATAN CONSUMERS DECISION JOURNEY THEORY)
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2571Abstrak
Dewasa ini perilaku konsumen online menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan memverifikasi model pengaruh faktor karakteristik teknologi informasi pada tahapan perjalanan keputusan pembelian konsumen (Mckinsey, 2009) dalam konteks konsumen online. Penelitian ini mengunakan populasi yaitu manajer/staf lembaga bisnis dan perbankan yang ada di kota Surakarta. Penelitian menggunakan metode surve. Instrumen pengumpulan data dengan kuesioner. Jumlah responden yang digunakan adalah 100 orang. Teknik pengumpulan data dengan convinience sampling yaitu pengambilan sampel didasarkan pada ketersediaan elemen dan kemudahan untuk mendapatkannya. Sampel diambil/terpilih karena sampel tersebut ada pada tempat dan waktu yang tepat. Cara ini paling murah dan cepat dilakukan karena peneliti memiliki kebebasan untuk memilih siapa saja yamg dapat temui. Pengujian instrumen menggunakan validitas dan reliabilitas. Analisis statistik dengan Warpls karena keterbatasan data dan data tidak berdistribusi Normal. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik teknologi informasi berpengaruh tidak signifikan pada setiap tahapan dalam proses perjalanan keputusan pembelian konsumen online.Kata Kunsi : Model, Karakteristik Teknologi Informasi, Perilaku Konsumen Online
Unduhan
Diterbitkan
2019-01-11
Terbitan
Bagian
Artikel
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.