Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi Dengan Teknik “FIVE E†Untuk Meningkatkan Kemampuan Berwawasan Global Pada Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Slamet Riyadi Surakarta Tahun 2016
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v1i1.1547Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian bertujuan untuk
mengetahui Untuk menerapkan model pembelajaran kolaborasi dengan teknik “FIVE
Eâ€meningkatkan kemampuan berwawasan global pada mahasiswa PGSD FKIP
Unversitas Slamet Riyadi Surakarta. Hasil dari penelitian ini adalah melalui siklus I dan
siklus II menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaborasi teknik E Five sangat
mempengaruhi upaya peningkatan kemampuan berwawasan global mahasiswa PGSD
FKIP Unversitas Slamet Riyadi Surakarta . Peningkatan kemampuan berwawasan global
nampak signifikan sebesar 11,50%. Nilai rata –rata pada siklus I sebesar 78.50 kemudian
setelah dilakukan refleksi maka terlihat nilai rata-rata sebesar 89.00 pada siklus II.
Penerapan model pembelajaran kolaborasi teknik Five E meliputi Engage(melibatkan),
Explore (mengeksplorasi), Explain, (menjelaskan) Extend (mengembangkan) dan
Evaluate (mengevaluasi) materi “Pentingnya Kesadaran Pendidikan Berwawasan
Global†terbukti meningkatkan kemampuan Berwawasan Global mahasiswa prodi PGSD
FKIP UNISRI 2016 dapat peningkatan mahasiswa menjadi memiliki keberanian dalam
terlibat aktif, berpikir tingkat tinggi, berpikir kritis, mengembangkan wawasan yang
holistik dengan berpikir kreatif, kritis danmengevaluasi wawasan pengetahuannya sesuai
materi tentang “Pentingnya Kesadaran Pendidikan Berwawasan Globalâ€
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kolaborasi Teknik Five E, Berwawasan Global
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.