Analisis Persepsi Nasabah terhadap Atribut Citra Bank Solo dan Pengaruhnya Pada Kepercayaan
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v1i1.1539Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut-atribut citra bank
terdiri dari kualitas pelayanan, variasi produk, tingkat bunga, promosi, dan reputasi
terhadap kepercayaan nasabah. Objek penelitian ini Bank Solo dengan menggunakan
sampel 100 responden yang diambil dengan teknik convenience sampling. Pengumpulan
data menggunakan teknik kuesioner, teknik analisis data menggunakan analisis regresi
linier berganda. Kesimpulan dari hasil pengujian setiap hipotesis menunjukkan bahwa (1)
kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan nasabah, berarti
hipotesis 1 diterima. (2) Variasi produk berpengaruh tidak signfikan terhadap
kepercayaan nasabah, berarti hipotesis 2 ditolak. (3) Tingkat bunga berpengaruh
signfikan terhadap kepercayaan nasabah, berarti hipotesis 3 diterima. (4) Promosi
berpengaruh tidak signfikan terhadap kepercayaan nasabah, berarti hipotesis 4 ditolak. (5)
Reputasi berpengaruh signfikan terhadap kepercayaan nasabah , berarti hipotesis 5
diterima. Dari kelima aribut bank Solo yang paling berpengaruh terhadap kepercayaan
nasabah adalah reputasi bank, ditunjukkan dengan p value 0,018.
Kata kunci : citra bank, kualitas pelayanan, variasi produk, tingkat bunga, promosi,
reputasi, kepercayaan nasabah
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.