Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan HOTS Berbantuan Kahoot pada Mata Pelajaran PPKn di SMA N 5 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v7i1.8363Abstract
Tuntutan perkembangan teknologi abad 21 memberikan dampak bagi bidang pendidikan. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki generasi abad 21 adalah keterampilan “The 4CS†yaitu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang diidentifikasikan oleh National Education Association [1]. Menurut Kemendikbud, peningkatan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat diukur melalui penilaian yang berorientasi HOTS [2]. Guru perlu melakukan variasi dalam penilaian pembelajaran dengan memanfaatkan platform digital dengan tetap memperhatikan kriteria dan prinsip penulisan soal HOTS [3]. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui instrumen penilaian pengetahuan HOTS yang digunakan guru PPKn di SMA N 5 Surakarta sebelum dilakukan pengembangan oleh peneliti, mengembangkan instrumen penilaian pengetahuan HOTS berbantuan Kahoot pada mata pelajaran PKn, dan menguji keefektifan instrumen penilaian pengetahuan HOTS berbantuan Kahoot. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan model Sukmadinata. Simpulan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, sebelum dilakukan pengembangan oleh peneliti, penilaian pengetahuan HOTS yang dikembangkan oleh guru belum sepenuhnya memenuhi prinsip penulisan HOTS. Platform yang digunakan lebih sering menggunakan konvensional dibanding digital. Kedua, instrumen penilaian pengetahuan HOTS dikembangkan melalui beberapa tahap dinyatakan spesifik, relevan, dan representatif, memiliki tingkat kesukaran yang kompleks memiliki daya pembeda yang baik, butir soal dinyatakan valid dan reliabel, berdistribusi normal, dan berasal dari populasi yang sama. Ketiga, instrumen yang peneliti kembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA N 5 Surakarta. Temuan penelitian ini diharapkan mampu memberikan implikasi teoritis terhadap penguatan teori belajar kognitif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.