ANALISIS KEBUTUHAN ANAK USIA DINI USIA 4-6 TAHUN PADA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v1i1.1542Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran berbasis komputer pada anak usia
dini di TK Surakarta, materi apa yang dapat diajarkan pada pembelajaran berbasis komputer
pada anak usia 4-6 tahun dan standar kompetensi yang dapat dicapai dalam pembelajaran
berbasis komputer anak usia dini sehingga dapat menjadi sarana penunjang aspek-aspek
perkembangan anak usia dini.
Penelitian ini mengunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalam
penelitian ini adalah anak-anak Taman kanak-kanak umur 4-6 tahun di Surakarta pada
sekolah yang memberikan pembelajran berbasis teknologi komputer. Teknik pengumpulan
data mengunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan pada saat
pelaksanaan pembelajaran berbasis komputer.
Hasil dari penelitiana menunjukkan bahwa dalam pembelejaran berbasis komputer aspek
perkembangan moral, motorik, bahasa, kognitif, seni, sosial emosi anak dapat
dikembangkan. Materi pembelajaran berhubungan dengan keaksaraan atau bahasa, social,
matematika dan sains.
Kata Kunci : Pembelajaran berbasis Komputer, Standar Kompetensi, Anak Usia Dini
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.