Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Self Instruction Dalam Merubah Gaya Belajar Siswa
Abstrak
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi siswa belum tahu cara belajar yang baik dan benar, siswa belum paham tentang gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya, siswa belum mampu menemukan cara belajar yang sesuai dengan gaya belajar, sukar dalam memahami pelajaran, dan belum mampu memanfaatkan sumber belajar hal tersebut membuat hasil belajar yang kurang. Masalah pokok yang dikaji adalah apakah ada pengaruh bimbingan kelompok teknik self instruction dalam merubah gaya belajar siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Weleri. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa XI IPA SMA Negeri 1 Weleri yang berjumlah 144 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Kesimpulan akhir dapat dijelaskan bahwa pemberian treatment berupa layanan e-konseling dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan gaya belajar dengan terbukti dengan pelaksanaan treatment yang dilakukan dengan selama tiga kali pertemuan dengan pemberian treatment. Dilihat dalam perbandingannya dari hasil perhitungan posttest yang diberikan kepada kelompok eksperimen yaitu layanan e-konseling memiliki rata-rata nilai posttest lebih tinggi daripada rata-rata nilai posttest kelompok kontrol tanpa perlakuan yaitu hasil skornya sebanyak 78,9 > 72,5. Maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok teknik self instruction dalam merubah gaya belajar siswa dikelompok eksperimen dari pada kelompok kontrol tanpa ada sebuah perlakuan. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru pembimbing di sekolah memberikan layanan lanjutan berkenaan dengan gaya belajar.
Kata kunci : Bimbingan kelompok teknik self instruction, gaya belajar.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muhammad An'im Dewantoro
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.