Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Self Instruction Dalam Merubah Gaya Belajar Siswa

Penulis

  • Muhammad An'im Dewantoro Universitas PGRI Semarang

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi siswa belum tahu cara belajar yang baik dan benar, siswa belum paham tentang gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya, siswa belum mampu menemukan cara belajar yang sesuai dengan gaya belajar, sukar dalam memahami pelajaran, dan belum mampu memanfaatkan sumber belajar hal tersebut membuat hasil belajar yang kurang. Masalah pokok yang dikaji adalah apakah ada pengaruh bimbingan kelompok teknik self instruction dalam merubah gaya belajar siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Weleri. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa XI IPA SMA Negeri 1 Weleri yang berjumlah 144 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Kesimpulan akhir dapat dijelaskan bahwa pemberian treatment berupa layanan e-konseling dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan gaya belajar dengan terbukti dengan pelaksanaan treatment yang dilakukan dengan selama tiga kali pertemuan dengan pemberian treatment. Dilihat dalam perbandingannya dari hasil perhitungan posttest yang diberikan kepada kelompok eksperimen yaitu layanan e-konseling memiliki rata-rata nilai posttest lebih tinggi daripada rata-rata nilai posttest kelompok kontrol tanpa perlakuan yaitu hasil skornya sebanyak 78,9 > 72,5. Maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok teknik self instruction dalam merubah gaya belajar siswa dikelompok eksperimen dari pada kelompok kontrol tanpa ada sebuah perlakuan. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru pembimbing di sekolah memberikan layanan lanjutan berkenaan dengan gaya belajar.

Kata kunci : Bimbingan kelompok teknik self instruction, gaya belajar.

PlumX Metrics

Diterbitkan

2024-02-08