Peran Layanan Bimbingan Kelompok dengan Strategi Movie Learning dalam Membentuk Emotional Intelligence Siswa Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstrak
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Layanan Bimbingan Kelompok dengan Strategi Movie Learning dalam Membentuk Emotional Intelligence Siswa Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan selama 3 (tiga) siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencenaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 8 (delapan) siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2021/2022 yang memiliki masalah dalam mengelola dan mengontrol emosi akibat dari kecerdasan emosional yang rendah. Penelitian dilaksanakan dengan strategi movie learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan tindakan yang diberikan dalam setiap siklus, mendapatkan hasil sebagai berikut : Pada Pra-Siklus menunjukkan angka persentase kecerdasan emosional yang teratasi sebesar 62,5%, persentase Siklus I sebesar 68,75%, persentase Siklus II sebesar 77% dan persentase siklus III sebesar 85%. Hal ini membuktikan bahwa layanan Bimbingan Kelompok dengan strategi movie learning berperan dalam membentuk emotional intelligence siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Movie Learning, Emotional Intelliggence.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 BAHRUL SEPTIANDARI
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.