Peran Layanan Bimbingan Kelompok dengan Strategi Movie Learning dalam Membentuk Emotional Intelligence Siswa Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2021/2022

Penulis

  • BAHRUL SEPTIANDARI UNIVERSITAS SLAMET RIYADI

Abstrak

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Layanan Bimbingan Kelompok dengan Strategi Movie Learning dalam Membentuk Emotional Intelligence Siswa Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan selama 3 (tiga) siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencenaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 8 (delapan) siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2021/2022 yang memiliki masalah dalam mengelola dan mengontrol emosi akibat dari kecerdasan emosional yang rendah. Penelitian dilaksanakan dengan strategi movie learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan tindakan yang diberikan dalam setiap siklus, mendapatkan hasil sebagai berikut : Pada Pra-Siklus menunjukkan angka persentase kecerdasan emosional yang teratasi sebesar 62,5%, persentase Siklus I sebesar 68,75%, persentase Siklus II sebesar 77% dan persentase siklus III sebesar 85%. Hal ini membuktikan bahwa layanan Bimbingan Kelompok dengan strategi movie learning berperan dalam membentuk emotional intelligence siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2021/2022.

 

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Movie Learning, Emotional Intelliggence.

PlumX Metrics

Diterbitkan

2024-02-08