Efektivitas Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar

Authors

  • Ardian Bayu Universitas Slamet Riyadi
  • Lydia Ersta Kusumaningtyas Universitas Slamet Riyadi
  • Eko Adi Putro Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v7i2.6474

Abstract

Ardian Bayu Prakoso Wisnu Sadewo, EFEKTIVITAS LAYANANBIMBINGAN DAN KONSELING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DISMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN2020/2021. Skripsi, Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan danIlmu Pendidikan, Universitas Slamet Riyadi Surakarta.Akhir tahun 2019 muncul suatu penyakit baru yaitu Covid-19. Wuhanadalah salah satu daerah di Negara China yang diduga sebagai daerah awal munculnya Covid-19. Karena adanya kebijakan lockdown atau karantina ini  menyebabkan kelumpuhan dalam berbagai sektor. Seperti, sektor kesehatan,pendidikan, dan ekonomi. Kebijakan social distancing ataupun physicaldistancing digunakan untuk menekan penyebaran Covid-19 sehinggamenyebabkan sekolahan ditutup sementara. Kemudian sekolahan menerapan kebijakan belajar dari rumah (daring), hal ini banyak sekali permasalahan-permasalahan yang muncul. Baik dari guru, siswa maupun orang tua siswa itu sendiri. Begitu pula dalam pemberian layanan Bimbingan dan Konseling, memiliki banyak sekali kendala. Maka dengan hal tersebut peneliti ingin mengetahui mengenai layanan-layanan Bimbingan dan Konseling yang di terapkan di SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar dalam kondisi masa pandemi  saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Layanan Bimbingan dan Konseling pada masa pandemi covid-19 di SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, denganberfokus pada studi fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di SMKMuhammadiyah 2 Karanganyar. Dengan subyek penelitian adalah 3 Guru BK dan 2 Peserta Didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian di analisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan dan konselingyang dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar tidaklah berjalan efektif. Karena banyaknya kendala yang dialami sekolah, hingga membuat pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling tidak dapat berjalan dengan efektif. Salah satu kendala yang membuat pelaksanaan bimbingan dan konseling tidak efektif adalah, kebijakan pembelajaran daring, kurangnya guru BK, kurangnya sosialisasi mengenai tugas guru BK kepada peserta didik dll.  Kata Kunci : Efektivitas, Layanan Bimbingan dan Konseling, Pandemi Covid-19

References

Bawaa, P. W., Juliawan, I. W., & Wiguna, D. G. E. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran

Basis Online Mahasiswa Bimbingan Konseling Universitas Mahadewa Indonesia

Dengan Adany Kebijakan Physical Distancng Era Pandemi Covid-19. Widyadari,

(2), 578–587. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049353

Ekasari, R. (2020). Model Efektivitas Dana Desa untuk Menilai Kinerja Desa Melalui

Pemberdayaan Ekonomi. AE Publishing.

Habibah, B. M., Mulyani, S., Nia, N. I., & Nugroho, P. (2020). Konsep Layanan Responsif

bagi Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar secara Daring Dimasa Pandemi Covid-

Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 4(2), 305–322.

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam

Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180.

Herliandry, L. D. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi

Pendidikan, 22(1), 65–70.

Indrayani, E. Z., & Niswah, F. (2017). Efektivitas Program Pengolahan Administrasi Desa

Secara Elektronik (Pade) Di Desa Mantup Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan.

Publika, 5(1).

Putra, A., & Shofaria, N. (2020). Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Pada

Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bikotetik (Bimbingan

Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 4, 55–61.

Zaini, M. (2017). Manajemen Pendidikan (Konsep Dasar, Teori, dan Aplikasi). Kudus:

IAIN Kudus.

Downloads

Published

2022-02-04