EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL DAN SOSIAL ANAK DI KELURAHAN PAJANG TAHUN 2021.
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v7i2.6472Abstract
Abstrak: Nimas Dyahayu Dhaning Arasta. EFEKTIVITAS
PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP
PERKEMBANGAN EMOSIONAL DAN SOSIAL ANAK DI
KELURAHAN PAJANG TAHUN 2021. Skripsi. Surakarta :
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi
Surakarta. Juni 2021.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
pembelajaran daring yang sekarang sedang diberlakukan di masa
pandemi sebagai pengganti untuk sekolah secara tatap muka ini
apakah efektif terhadap perkembangan emosional dan sosial anak
pada usia mereka sekarang menurut tahapan perkembangan.
Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kelurahan Pajang,
tepatnya di kampung Bratan. Subjek dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas II dan V sekolah dasar yang berjumlah 2 peserta
didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif diskriptif.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif
dalam menganalisa data hasil penelitian yang diperoleh dari proses
mencari dan menyusun secara sistematis data yang sudah diperoleh
dari hasil observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu melakukan observasi, melakukan wawancara dan
dokumentasi
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan
menunjukan bahwa pembelajaran daring tidak efektif terhadap
perkembangan emosional dan sosial. Berdasarkan data yang
diperoleh saat melakukan penelitian ini dapat disimpulkan kalau
pembelajaran daring tidak efetif terhadap perkembangan emosional
dan sosial anak menurut tahap-tahap perkembangan anak pada
usianya sekarang, dan membuat anak memiliki perkembangan
emosional dan sosial anak yang bertentangan dengan tahapan
perkembangan.
Kata Kunci : Efektivitas, pembelajaran Daring, Perkembangan
Emosional dan Sosial anak
References
Aprilya, A.P.(2020). Penggunaan Model Inquiry Learning, Dalam Pembelajaran.
Malang : CV Ahlimedia Press
Mustofa, P.S., dkk. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan
Kelas. 2020. Malang : CV Fakultas Ilmu Keolahragaan
Pohan, A.E. (2020). Konsep Pembelajaan daring Berbasis Pendekatan Ilmiah.
Purwodadi : CV Sarnu Lintung.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta.
Unhale, S.S., dkk. (2020). A Riview On Corona Virus (COVID-19). World Journal Of
Pharmaceutical And Life Science. Vol.6 (2) : 111-115.
Yusuf, S. (2017). Bimbingan & Konseling Perkembangan Suatu Pendekatan
Komprehensif. Bandung : Refika Aditama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nimas Dyahayu Dhaning Arasta, Lydia Kusumaningtyas, Eko Putro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.