EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL DAN SOSIAL ANAK DI KELURAHAN PAJANG TAHUN 2021.

Authors

  • Nimas Dyahayu Dhaning Arasta Universitas Slamet Riyadi
  • Lydia Kusumaningtyas Universitas Slamet Riyadi
  • Eko Putro Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v7i2.6472

Abstract

Abstrak: Nimas Dyahayu Dhaning Arasta. EFEKTIVITAS
PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP
PERKEMBANGAN EMOSIONAL DAN SOSIAL ANAK DI
KELURAHAN PAJANG TAHUN 2021. Skripsi. Surakarta :
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi
Surakarta. Juni 2021.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
pembelajaran daring yang sekarang sedang diberlakukan di masa
pandemi sebagai pengganti untuk sekolah secara tatap muka ini
apakah efektif terhadap perkembangan emosional dan sosial anak
pada usia mereka sekarang menurut tahapan perkembangan.
Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kelurahan Pajang,
tepatnya di kampung Bratan. Subjek dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas II dan V sekolah dasar yang berjumlah 2 peserta
didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif diskriptif.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif
dalam menganalisa data hasil penelitian yang diperoleh dari proses
mencari dan menyusun secara sistematis data yang sudah diperoleh
dari hasil observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu melakukan observasi, melakukan wawancara dan
dokumentasi
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan
menunjukan bahwa pembelajaran daring tidak efektif terhadap
perkembangan emosional dan sosial. Berdasarkan data yang
diperoleh saat melakukan penelitian ini dapat disimpulkan kalau
pembelajaran daring tidak efetif terhadap perkembangan emosional
dan sosial anak menurut tahap-tahap perkembangan anak pada
usianya sekarang, dan membuat anak memiliki perkembangan
emosional dan sosial anak yang bertentangan dengan tahapan
perkembangan.
Kata Kunci : Efektivitas, pembelajaran Daring, Perkembangan
Emosional dan Sosial anak

References

Aprilya, A.P.(2020). Penggunaan Model Inquiry Learning, Dalam Pembelajaran.

Malang : CV Ahlimedia Press

Mustofa, P.S., dkk. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan

Kelas. 2020. Malang : CV Fakultas Ilmu Keolahragaan

Pohan, A.E. (2020). Konsep Pembelajaan daring Berbasis Pendekatan Ilmiah.

Purwodadi : CV Sarnu Lintung.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta.

Unhale, S.S., dkk. (2020). A Riview On Corona Virus (COVID-19). World Journal Of

Pharmaceutical And Life Science. Vol.6 (2) : 111-115.

Yusuf, S. (2017). Bimbingan & Konseling Perkembangan Suatu Pendekatan

Komprehensif. Bandung : Refika Aditama.

Downloads

Published

2022-02-04