Pengaruh Informasi Karir Melalui Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Colomadu

Authors

  • Cicilia Kusuma Winahyu
  • Lydia Ersta Kusumaningtyas Universitas Slamet Riyadi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 200 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020, sehingga metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportionate random sampling yang termasuk dalam teknik Probability Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain angket sebagai metode utama, dokumentasi sebagai metode bantuan untuk memperoleh data mengenai nama-nama mahasiswa yang akan menjadi responden dalam penelitian ini. Instrumen uji yang digunakan untuk menguji validitas rumus korelasi Product Moment Angka Kasar, untuk pengujian reliabilitas menggunakan rumus metode split-half menggunakan rumus korelasi product moment angka kasar Kemudian dimasukkan ke dalam rumus Spearman Brown, selanjutnya untuk analisis data yang digunakan menggunakan uji-t statistik. Berdasarkan hasil analisis data tentang pengaruh informasi karir melalui papan bimbingan terhadap pemahaman karir siswa kelas XI IPA SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020 diperoleh uji-t = 13,652. Kemudian dikonsultasikan dengan t-tabel pada db = N-1 (42-1) = 41 yang menunjukkan t-tabel pada taraf signifikan 1% = 2,701 dan taraf signifikan 5% = 2,020, sehingga diperoleh nilai t- hitung lebih besar dari t-tabel atau 2,701 < 13,652 > 2,020. Sehubungan dengan hal tersebut maka Ho ditolak dan Ha menerima kebenaran yaitu “Ada Pengaruh Informasi Karir Melalui Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020”, menerima kebenaran keduanya pada taraf signifikan 5% dan 1%. Kata kunci: Pengaruh; Informasi Karir; Dewan Pembina; Pemahaman Karir Siswa

 

References

Achmad Juntika Nurihsan. 2014. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Anas Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung : CV Pustaka Setia.

Bimo Walgito. 2010. Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karier). Yogyakarta : Andi.

Burhan Bungin. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media

Fitriani. 2017. Pengaruh Layanan Informasi Kebersihan Kelas Disertai Papan Bimbingan Terhadap Perilaku Menjaga Kebersihan Siswa SMP Negeri Palu. Jurnal. Palu : Universitas Tadulako

Glading, Samuel T.2012.Konseling: Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: Indeks.

Mochamad Nursalim. 2013. Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT. Indeks.

Nurhidayatullah Dahlan. 2015. Efektifitas Informasi Karir denngan Media Buku Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Studi Lanjutan Siswa. Jurnal. Makasar: Universitas Negeri Makasar

Riduwan. 2013. Metode dan Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Ruslan A. Gani.2012.Bimbingan Karir. Bandung: Angkasa

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Syamsu Yusuf dan A. Juntika Nurihsan. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PPS UPI dan Remaja Rosdakarya

Wina Sanjaya. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winkel dan Sri Hastuti. 2010. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan (Edisi Revisi). Yogyakarta: Media Abadi.

Yeni Muslihatul Khoriyah. 2013. Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa dengan Pemberian Layanan Informasi Karir DI Kelas XI Is-4 SMA Negeri 13 Surabaya (Suatu Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling). Jurnal. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-07-09