Pengaruh Layanan Informasi Tentang Peran Guru Bk Terhadap Anggapan Negatif Siswa Pada Guru BK ( Penelitian Pada Siswa Kelas X MIPA 6 Dan X IPS 5 SMA MTA Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019)
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v6i1.3754Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Layanan Informasi Tentang Peran Guru BK Terhadap Anggapan Negatif Siswa Pada Guru BK Pada Siswa Kelas X MIPA 6 dan X IPS 5 SMA MTA SURAKARTA Tahun pelajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 6 dan X IPS 5 SMA MTA Surakarta yang berjumlah 70 siswa, sampel yang digunakan adalah 70 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai anggapan negatif siswa pada guru BK sebelum dan sesudah pemberian layanan informasi tentang peran guru BK, sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data- data siswa yang memiliki ciri – ciri sesuai kasus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test.Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menggunakan t-tes diperoleh hasil nilai  t  sebesar  13,023.  Selanjutnya  nilai ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘”    tersebut  di  konsultasikan dengan ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ dengan d.b = (N-1) = (70-1) = 69 pada taraf signifikansi 5% = 1,667. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasilð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” = 13,023 lebih besar dari ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™Â pada taraf signifikansi 5% =1,667, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hipotesis 0 atau nihil (Ho) yang menyatakan “Tidak Ada Pengaruh layanan informasi tentang peran guru BK Terhadap anggapan negatif siswa pada guru BK kelas X MIPA 6 dan X IPS 5   SMA MTA
Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019†ditolak dan Hipotesis Kerja atau alternative (Ha) yang diajuka nmenyatakan “Ada Pengaruh layanan informasi tentang peran guru BK Terhadap anggapan negatif siswa pada guru BK kelas X MIPA 6 dan X IPS 5 SMA MTA Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019†diterima kebenarannya, pada taraf signifikansi 5%.
Â
Kata Kunci :Layanan Informasi Tentang Peran Guru BK, Anggapan Negatif Siswa Pada Guru BK
References
Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.
Achmad Juntika Nurihsan. 2006. Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung : Aditama.
Agus Eko Sujianto. 2009. Aplikasi Statistik Dengan SPSS 16.0. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Bagus Afriandi. 2104. Layanan Informasi Guru BK Mengubah Sikap Negatif Siswa. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Dewa Ketut Sukardi. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Kontjojo. 2009. Metodologi Penelitian. Kediri :Universitas Nusantara PGRI.
Mohammad Surya. 2008. Bimbingan Dan Penyuluhan Konseling Di Sekolah. Bandung: Rineka Cipta.
Nana Sudjana. 2008. MetodeStatistika.
Bandung: Tarsito.
Nursalam. 2008. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian. Jakarta : Salemba Medika.
Prayitno dan Erman Amti. 2004. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Saifuddin Azwar. 2012. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.
Sardiman A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sofyan Willis. 2009. Konseling Keluarga. Bandung: Alfabeta
Sudarwan Danim. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta Bandung.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.
Sutarno dan Soeharto. 2009. Teori Kognisi Jean Piaget. http//www.psysicsmaster.orgfr ee.com (10 november 2018).
Sutrisno Hadi. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset
Tohirin. 2009. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.
Wardati dan Mohammad Jauhar. 2011. Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Winkel, W. S. dan Hastuti, S. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan (Edisi Revisi, Cetakan Kelima). Jogjakarta : Universitas Sanatha Dharma, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanArikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Zaenal Abidin dan Alief Budiyono. 2010. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Purwokerto : STAIN Press Purwokerto.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.