Pengaruh Layanan Informasi Tentang Peran Guru Bk Terhadap Anggapan Negatif Siswa Pada Guru BK ( Penelitian Pada Siswa Kelas X MIPA 6 Dan X IPS 5 SMA MTA Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019)

Authors

  • eka septiana sari Universitas Slamet Riyadi
  • Lydia Ersta Kusumaningtyas universitas slamet riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v6i1.3754

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Layanan Informasi Tentang Peran Guru BK Terhadap Anggapan Negatif Siswa Pada Guru BK Pada Siswa Kelas X MIPA 6 dan X IPS 5 SMA MTA SURAKARTA Tahun pelajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 6 dan X IPS 5 SMA MTA Surakarta yang berjumlah 70 siswa, sampel yang digunakan adalah 70 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai anggapan negatif siswa pada guru BK sebelum dan sesudah pemberian layanan informasi tentang peran guru BK, sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data- data siswa yang memiliki ciri – ciri sesuai kasus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test.Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menggunakan t-tes diperoleh hasil nilai   t   sebesar   13,023.   Selanjutnya   nilai ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘”     tersebut   di   konsultasikan dengan ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ dengan d.b = (N-1) = (70-1) = 69 pada taraf signifikansi 5% = 1,667. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasilð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘”  = 13,023 lebih besar dari ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™Â  pada taraf signifikansi  5% =1,667, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hipotesis 0 atau nihil (Ho) yang menyatakan “Tidak Ada Pengaruh layanan informasi tentang peran guru BK Terhadap anggapan  negatif  siswa  pada  guru  BK  kelas  X  MIPA  6  dan  X  IPS  5    SMA MTA

Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019†ditolak dan Hipotesis Kerja atau alternative (Ha) yang diajuka nmenyatakan “Ada Pengaruh layanan informasi tentang peran guru BK Terhadap anggapan negatif siswa pada guru BK kelas X MIPA 6 dan X IPS 5 SMA  MTA Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019†diterima kebenarannya, pada taraf signifikansi 5%.

 

Kata Kunci :Layanan Informasi Tentang Peran Guru BK, Anggapan Negatif Siswa Pada Guru BK

References

Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.

Achmad Juntika Nurihsan. 2006. Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung : Aditama.

Agus Eko Sujianto. 2009. Aplikasi Statistik Dengan SPSS 16.0. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Bagus Afriandi. 2104. Layanan Informasi Guru BK Mengubah Sikap Negatif Siswa. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Dewa Ketut Sukardi. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Kontjojo. 2009. Metodologi Penelitian. Kediri :Universitas Nusantara PGRI.

Mohammad Surya. 2008. Bimbingan Dan Penyuluhan Konseling Di Sekolah. Bandung: Rineka Cipta.

Nana Sudjana. 2008. MetodeStatistika.

Bandung: Tarsito.

Nursalam. 2008. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian. Jakarta : Salemba Medika.

Prayitno dan Erman Amti. 2004. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Saifuddin Azwar. 2012. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Sardiman A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sofyan Willis. 2009. Konseling Keluarga. Bandung: Alfabeta

Sudarwan Danim. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta Bandung.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Sutarno dan Soeharto. 2009. Teori Kognisi Jean Piaget. http//www.psysicsmaster.orgfr ee.com (10 november 2018).

Sutrisno Hadi. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset

Tohirin. 2009. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Wardati dan Mohammad Jauhar. 2011. Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winkel, W. S. dan Hastuti, S. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan (Edisi Revisi, Cetakan Kelima). Jogjakarta : Universitas Sanatha Dharma, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanArikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Zaenal Abidin dan Alief Budiyono. 2010. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Purwokerto : STAIN Press Purwokerto.

Published

2020-05-31

Issue

Section

Artikel