Keefektifan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Dalam Proses Belajar Mengajar Pada Mahasiswa Semester IV Program Studi Bimbingan dan Konseling Fkip Unisri Tahun 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v6i1.3721Abstract
The main objective in this research is to increase the activity of semester IV students of the Guidance and Counseling Study Program of FKIP Unisri in 2018/2019 in the teaching and learning process through group guidance. The design used in this study was pre-experimental. The sample in this study was the fourth semester students of the Guidance and Counseling Study Program FKIP UNISRI in 2018/2019 who had low activity in the teaching and learning process. The data collection method in this study is the scale of student activity in the teaching and learning process. Validity test uses the correlation formula Product Moment rxy = 0.422> rtable = 0.325 and the reliability of the instrument uses the formula Alpha r11 = 0.928> rtable = 0.325 then it is concluded that the instrument is reliable. Data analysis techniques using the Wilcoxon Zhitung Test formula = -3.298> Ztable = 0.21, it shows that the activeness of students in teaching and learning can be improved through group guidance services.
Keywords: Group Guidance, Student activeness in teaching and learning
Abstrak :Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa semester IV Program Studi Bimbingan Dan Konseling FKIP Unisri Tahun 2018/2019 dalam poses belajar mengajar melalui bimbingan kelompok. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa semester IV Program Studi Bimbingan Dan Konseling FKIP UNISRI Tahun 2018/2019 yang memiliki keaktifan dalam proses belajar mengajar rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala keaktifan mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment rxy = 0.422 > rtabel = 0.325 dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha r11 = 0.928> rtabel = 0.325 maka disimpulkan bahwa instumen tersebut reliabel. Teknik analisis data menggunakan rumus Uji Wilcoxon Zhitung = -3.298 > Ztabel = 0,21, hal tersebut menunjukkan bahwa keaktifan mahasiswa dalam proses belajar mengajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Keaktifan Mahasiswa Dalam Proses Belajar Mengajar
References
Ahmadi, Abu & Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Cucu Suhana. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama.
Folastri, Sisca dan Itsar Bolo Rangka. 2016. Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung: Mujahid Press.
Miftahul Huda. 2018. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munandar, Utami. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah Petunjuk Bagi Guru dan Orang tua. Jakarta: PT. Gia Media Widiasarana Indonesia
Prayitno, dkk. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok Yang Berhasil. Bogor:Ghalia Indonesia
Rasimi & Muh Hamdi.2018.Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
Salam, Burhanuddin. 2004. Cara Belajar Yang Sukses Di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.
Sugandi, Achmad. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES Press
Sugiyono.2005.Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
________. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugihastuti & Rusiah. 2015. Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Yogyakarta : Penerbit Ombak.
Suharsimi.2013.Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.