PENGARUH LAYANAN INFORMASI ETIKA KOMUNIKASI TERHADAP SIKAP SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK KELAS VII C DI SMP NEGERI 2 TASIKMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Titik Harjanti universitas slamet riyadi
  • Hera Heru Sri Suryanti universitas slamet riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v5i2.3186

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan informasi etika komunikasi terhadap sikap sopan santun peserta didik kelas VII C di SMP Negeri 2 Tasikmadu Karanganyar tahun pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII C SMP Negeri 2 Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Sedangkan sampel yang di gunakan berjumlah 32 siswa. Teknik sampling yang di gunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Metode angket dipergunakan untuk mengumpulan data tentang sikap sopan santun peserta didik, dokumentasi digunakan untuk memperoleh data kegiatan selama penelitian, sedangkan observasi digunakan untukmengumpulkan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung. Teknik analisi data yang digunakan t-tes. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan ttes diperoleh hasil nilai t sebesar 9,387. Selanjutnya nilai thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel dengan db = (N-1) = (32-1) = 31 pada taraf signifikansi 5% = 2,045. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil = 9,387 lebih besar dari pada taraf signifikansi 5% = 2,045, dengan demikian Hipotesis yang berbunyi “Ada Pengaruh Layanan Informasi Etika Komunikasi Terhadap Sikap Sopan Santun Peserta Didik Kelas VII C Di SMP Negeri 2 Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019†diterima kebenarannya, pada taraf signifikansi 5%.
 
Kata Kunci : Layanan Informasi, Etika Komunikasi, Sikap Sopan Santun

References

Dharma Kesuma, dkk. 2012. Pendidikan Karakter(Kajian Teori dan Praktik). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian(Kuantitatif,Kualit atif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Penerbit: Bumi Aksara.

______ .2013. Prosedur Penelitia (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Suranto Aw. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

.2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dwikaapriyani. 2018. Sikap Sopan Santun. Diakses Tanggal 22 Desember 2018. Pukul 20.15 WIB

Downloads

Published

2019-10-04

Issue

Section

Artikel