HUBUNGAN ANTARA KETELADANAN GURU BK DENGAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v5i2.3184Abstract
Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui Ada tidaknya Hubungan antara Keteladanan Guru BK dengan Perilaku Sopan Santun Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019â€. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 siswa. Dari jumlah anggota populasi tersebut 31 siswa digunakan sebagai sampel penelitian secara keseluruhan karena teknik yang digunakan peneliti adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Angket keteladanan guru BK sebanyak 34 butir soal dan angket perilaku sopan santun sebanyak 36 butir soal. Teknik analisis data dengan korelasi product moment.
 Berdasarkan analisis data, dapat diperoleh rhitung sebesar 0,627. kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan harga rtabel dengan N = 31 diperoleh angka sebesar 0,355 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian rhitung> rtabel, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “adahubungan antara keteladanan guru BK dengan perilaku sopan santun siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019†dapat diterima kebenarannya.
Â
Kata Kunci :Keteladanan Guru BK, Perilaku Sopan Santun.
Â
References
Ainah. 2015. Strategi Guru PKN Menenamamkan Karakter Sopan Santun dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 6 Nomor 11 Halaman 877-888.
Diren O, Adelina dan Yunisca. 2017. Persepsi guru tentang Menueurnya Adab Sopan Santun Siswa Kepada Guru di SMP PGRI
Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Keguruan Universitas Bandar Lampung No. 25 Vol. 13, Halaman 150-165 Tahun 2017.
Erwin Widiasworo. 2017. MasalahMasalah Peserta Didik dalam Kelas dan Solusinya. Yogyakarta: Araska.
Lilliek Suryani. 2017. Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. Karangjati.
Muchson dan Samsuri. 2015. Dasar-Dasar Pendidikan Moral. Yogyakarta: Ombak.
Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Ngainun Naim. 2009. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sholeh Hidayat. 2017. Pengembangan Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Soeroso. 2008. Pengantar Ilmu Hukum. Jakarta: Sinar Grafika.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Udin Syaefudin Saud. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.