EFEKTIFITAS PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR THERAPY DALAM MENGATASI PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2018/2019)
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v5i2.3182Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan konseling kelompok dengan pendekatan behavior therapy dalam mengatasi pelanggaran tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas VIII, yang perilaku sering melanggar tata tertib sekolah. Sedangkan obyeknya adalah layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior therapy. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data mengunakan analisis interaktif (interactive model of analysis). Model ini mempunyai tiga komponen yaitu data reduction, data display dan data conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan perilaku tidak mematuhi tata tertib sekolah siswa kelas VIII yang berinisial AIS, LWN dan RAS. AIS yang awalnya sering mengerjakan PR, dan sering bolos sekolah. Perlahan-lahan perilaku seperti itu mulai berkurang bahkan AIS sekarang lebih rajin dalam mengerjakan PR dan tidak lagi mau bolos sekolah. Begitu juga dengan LWN dan RAS yang awalnya sering terlambat masuk kelas, pas pelajaran yang tidak disukai selalu minta ijin untuk keluar, dan bolos sekolah. Sekarang, perlahan-lahan kebiasaan LWN dan RAS bisa berkurang bahkan LWN dan RAS bisa lebih awal masuk kelas serta tidak lagi sering keluar kelas saat pelajaran berlangsung. LWN dan RAS juga tidak lagi berani bolos sekolah. ÂÂ
Kata kunci: Konseling Kelompok Pendekatan Behavior Therapy, Tata Tertib Sekolah
References
Bimo Walgito. 2010. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi (Studi dan Karier). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Lexy J. Moleong. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Prayitno & Erman Amti. 2009. DasarDasar Bimbingan dan Konseling.
Jakarta: Pusat Perbukuan Depdikbud dan Rineka Cipta.
Sayekti. 2002. Berbagai Pendekatan Dalam Konseling. Surakarta: Universitas Slamet Riyadi.
Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto, B. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Winkel, WS dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan, Yogyakarta: Media Abadi.
Downloads
Published
2019-10-04
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.