EFEKTIFITAS PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR THERAPY DALAM MENGATASI PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2018/2019)

Authors

  • DANU PUTRA PRADANA universitas slamet riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v5i2.3182

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan konseling kelompok dengan pendekatan behavior therapy dalam mengatasi pelanggaran tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII  SMP Negeri 2 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas VIII, yang perilaku sering melanggar tata tertib sekolah. Sedangkan obyeknya adalah layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior therapy. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data mengunakan analisis interaktif (interactive model of analysis). Model ini mempunyai tiga komponen yaitu data reduction, data display dan data conclusion drawing.  Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan perilaku tidak mematuhi tata tertib sekolah siswa kelas VIII yang berinisial AIS, LWN dan RAS. AIS yang awalnya sering mengerjakan PR, dan sering bolos  sekolah. Perlahan-lahan perilaku seperti itu mulai berkurang bahkan AIS sekarang lebih rajin dalam mengerjakan PR dan tidak lagi mau bolos sekolah.  Begitu juga dengan LWN dan RAS yang awalnya sering terlambat masuk kelas, pas pelajaran yang tidak disukai selalu minta ijin untuk keluar, dan bolos sekolah. Sekarang, perlahan-lahan kebiasaan LWN dan RAS bisa berkurang bahkan LWN dan RAS bisa lebih awal masuk kelas serta tidak lagi sering keluar kelas saat pelajaran berlangsung. LWN dan RAS juga tidak lagi berani bolos sekolah.  
 
Kata kunci: Konseling  Kelompok  Pendekatan Behavior Therapy, Tata Tertib Sekolah

References

Bimo Walgito. 2010. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi (Studi dan Karier). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Lexy J. Moleong. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Prayitno & Erman Amti. 2009. DasarDasar Bimbingan dan Konseling.

Jakarta: Pusat Perbukuan Depdikbud dan Rineka Cipta.

Sayekti. 2002. Berbagai Pendekatan Dalam Konseling. Surakarta: Universitas Slamet Riyadi.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Winkel, WS dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan, Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2019-10-04

Issue

Section

Artikel