DAMPAK METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33061/jai.v6i1.5824

Keywords:

Bermain peran, Kreativitas, Anak Usia Dini

Abstract

Problems often arise regarding the not-yet optimal creativity of early childhood due to the lack of freedom in playing, the many prohibitions, and learning activities that are less fun for children. These problems can be overcome by applying the role-playing method. This scientific article aims to recognize and determine the impact of the role-playing method on early childhood creativity. The method used in this article is a literature study with data analysis using narrative synthesis. Data and information collection is carried out by collecting, reading, understanding, criticizing, and reviewing 33 reputable and relevant reading sources in the 2015-2021 publication range. This scientific article succeeded in finding the positive and negative impacts of the application of the role-playing method on early childhood creativity. The positive impacts that arise include (a) Children feel happy so they can produce something out of the box; (b) The nature of the imagination is stimulated; (c) Children like challenges; (d) Curiosity is stimulated; (e) The child's speaking ability and self-confidence develop; (f) More proficient in problem-solving; and (g) Able to make decisions and willing to accept consequences. Meanwhile, the negative impact is that it takes a long time, educators are less creative, and children become passive. The recommendation given is that other researchers are advised to study more deeply in the impact of role-playing on creativity in early childhood.


Abstrak

Sering munculnya problematika mengenai belum optimalnya kreativitas anak usia dini akibat kurangnya kebebasan dalam bermain, banyaknya larangan, dan kegiatan pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi anak. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan metode bermain peran. Tujuan artikel ilmiah ini yaitu untuk mengenal dan mengetahui dampak metode bermain peran terhadap kreativitas anak usia dini. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah literature review dengan analisis data menggunakan narrative synthesis. Pengumpulan data dan informasi dilaksanakan dengan mengumpulkan, membaca, memahami, mengkritik, dan me-review 33 sumber bacaan yang reputasi dan relevan dengan rentang publikasi tahun 2015-2021. Artikel ilmiah ini berhasil menemukan dampak positif dan dampak negatif dari penerapan metode bermain peran terhadap kreativitas anak usia dini. Dampak positif yang muncul meliputi (a) Anak merasa senang sehingga mampu menghasilkan sesuatu yang out of the box; (b) Sifat imajinasi terstimulasi; (c) Anak menyukai tantangan; (d) Rasa ingin tahu terstimulasi; (e) Kemampuan berbicara dan kepercayaan diri anak berkembang; (f) Semakin mahir dalam hal pemecahan masalah; serta (g) Mampu mengambil keputusan dan mau menerima konsekuensi. Sedangkan, untuk dampak negatifnya adalah membutuhkan waktu yang lama, pendidik yang kurang kreatif, dan anak menjadi pasif. Rekomendasi yang diberikan yaitu peneliti lain disarankan untuk mengkaji lebih mendalam mengenai dampak bermain peran terhadap kreativitas pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Novita Eka Nurjanah, Universitas Sebelas Maret

I am a lecturer teacher training for early childhood education department

Agnes Dhear Nur Cahyani, Universitas Sebelas Maret

I am a student teacher training for early childhood education department

References

Aisyah. (2017). BERMAIN PERAN BERPENGARUH TERHADAP KEMAMPUAN BICARA ANAK USIA DINI. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a), 38–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3a.1031

Aldhanhani, Z. R. (2020). Chapter 6 Role-Play Approach in Teaching and Learning English as a Second Language in Early Childhood Programs. In Advancing English Language Education (pp. 91–101). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/344112285_Chapter_6_Role-Play_Approach_in_Teaching_and_Learning_English_as_a_Second_Language_in_Early_Childhood_Programs

Anggraini, G. (2015). Kajian Pustaka (Literature Review) (Vol. 6, pp. 1–13). Vol. 6, pp. 1–13. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Aryenis. (2018). INCREASED CONFIDENCE IN CHILDREN THROUGH ROLE PLAYING ACTIVITIES IN RESTU IBU KINDERGARTEN PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 5(2), 47–60. https://doi.org/10.24036/103726

Azizah, & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 717–723. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798

Bunce, L., & Woolley, J. D. (2021). Fantasy orientation and creativity in childhood: A closer look. Cognitive Development, 57(5), 100979. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2020.100979

Chan, C.-S. (2015). Style and Creativity in Design. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=MQQyBwAAQBAJ&pg=PA261&lpg=PA261&dq=the+achievement+of+something+remarkable+and+new,+something+which+transforms+and+changes+a+field+of+endeavor+in+a+significant+way+.+.+.+the+kinds+of+things+that+people+do+that+change+th

Doğantan, D. E. (2020). An interactive instruction model design with role play technique in distance education: A case study in open education system. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 27(100268), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2020.100268

Farida, T., & Rosidah, L. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN PERAN. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81–160. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v5i2.4702

Fauziah, N., Elan, & Mulyadi, S. (2020). METODE BERMAIN PERAN MAKRO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN : TINJAUAN PUSTAKA. Jurnal PAUD AGAPEDIA, 4(2), 219–228. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpa.v4i2.30441

Filtri, H., & Sembiring, A. K. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 169–178. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1179

Fitriyanti, U. H., Marlina, L., & Fahmi. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kreativitas Anak Di Paud Kelompok Bermain Kartini Kabupaten Ogan Komering Ilir. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 158–175. https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4796

Gamanik, N. M., Sanjaya, Y., & Rusyati, L. (2019). Role-Play Simulation for Assessing Students ’ Creative Skill and Concept Mastery. Journal of Science Learning, 2(3), 71–78. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i3.14848

Handayani, P. H., Gandamana, A., & Farihah. (2017). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15(2), 46–56. https://doi.org/10.24114/jkss.v15i2.8774

Ilsa, F. N., & Nurhafizah. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1080–1090. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.571

Jakob, J. C. (2018). IMPROVING THE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY THROUGH ROLE PLAY METHOD. IJET (Indonesian Journal of English Teaching), 8(1), 331–340. https://doi.org/10.15642/ijet.2018.7.1.331-340

Julyasari, D. S. (2017). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Dzakiyah Kedamaian Antasari Bandar Lampung (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/1602/

Khoerunnisa, N. (2015). Optimalisasi metode bermain peran dengan menggunakan alat permainan edukatif dalam mengasah percaya diri anak usia dini. Lentera, XVIII(1), 77–91. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/lj.v17i1.430

Mardiani, L., & Yetti, R. (2020). PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 499–504. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.490

Monica, M. A., & Mayar, F. (2019). STRATEGI GURU PAUD DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITASANAK USIA DINI. 3(3), 1217–1221. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.345

Mottweiler, C. M., & Taylor, M. (2016). Elaborated Role Play and Creativity in Preschool Age Children. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 8(3), 277–286. https://doi.org/10.1037/a0036083

Nafi’ah, M. H. (2018). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK TK KELOMPOK A DI TK DARUT TAQWA BEJI-TULUNGAGUNG (Institut Agama Islam Negeri Tulungagung). Retrieved from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8653/

Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170

Rahmalina. (2017). METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN. Permata : Jurnal Pendidikan PAUD, 02(1), 11–23. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4443

Rahmawati, F. L. (2018). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Pengembangan Kreativitas Berfikir Anak TK Kelompok A Di TK Khadijah Loceret Nganjuk. INTIZAM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 162–167. Retrieved from https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/6

Romansyah, N. A. (2018). MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN TERINTERGRASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmiah PENJAS, 4(1), 57–67. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/690

Rumilasari, N. P. D., Tegeh, I. M., & Ujianti, P. R. (2016). PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7704

Rusni, Normawati, & Rahmawati. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL UMMAHAT DDI SONI. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), 871–884. https://doi.org/10.31934/jom.v1i1.741

Sari, M., & Yulsyofriend. (2020). Pengintegrasian Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3305–3315. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.843

Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, … Armayanti, R. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori dan Praktik. In repository.uinsu.ac.id (pertama). Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/2095/1/BUKU PENGEMBANGAN KREATIVITAS OK.pdf

Taher, S. M., & Munastiwi, E. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35–50. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04

Viranda, C., Alhamdu, & Istiningtyas, L. (2019). BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 8(1), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v8i1.2255

Yates, E., & Twigg, E. (2017). Developing creativity in early childhood studies students. Thinking Skills and Creativity, 23, 42–57. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.11.001

Published

2021-08-11

How to Cite

Nurjanah, N. E., & Cahyani, A. D. N. (2021). DAMPAK METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 6(1), 15–29. https://doi.org/10.33061/jai.v6i1.5824