Titik Lemah Perkembangan Moral Anak Usia Dini pada Lembaga PAUD Berbasis Keagamaan

Authors

  • Jumiatmoko Jumiatmoko PG PAUD UNS
  • Muchtar Hanafi Fakultas Kedokteran UNS

DOI:

https://doi.org/10.33061/jai.v5i2.4393

Keywords:

Perkembangan Moral, Moralitas, Anak Usia Dini, PAUD Islam

Abstract

Abstract This study aims to identify the development of early childhood morality in Islamic PAUD institutions which are categorized as undeveloped. This study uses a qualitative approach involving 6 class teachers from 4 Islamic PAUD institutions in Surakarta. A total of 210 data on child development achievements were analyzed quantitatively descriptive and qualitatively. The results of this study indicate that in Islamic PAUD institutions there are competencies related to children's morality that has not yet developed in both the NAM and the Social-Emotional aspects. These findings contributing for the study of the implementation of the Islamic PAUD concept for children's moral development. The theoretical and practical analysis of the results can be used as a reference for improving the approach to developing early childhood morality. Keywords: Moral Development, Morality, Early Childhood, Islamic PAUD Abstrak Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi perkembangan moralitas anak usia dini pada lembaga PAUD Islam yang berkategori belum berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang melibatkan 6 guru kelas dari 4 lembaga PAUD Islam di Surakarta. Sebanyak 210 data capaian perkembangan anak dianalisis secara kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada lembaga PAUD Islam terdapat kompetensi-kompetensi terkait moralitas anak yang belum berkembang baik pada aspek NAM maupun Sosial Emosional. Temuan ini melengkapi kajian hasil implementasi konsep PAUD Islam bagi pengembangan moral anak. Hasil analisis secara teoretis dan praktis dapat digunakan sebagai acuan perbaikan pendekatan pengembangan moralitas anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Antara, P. A. (2019). The Implementation of Early Childhood Character Education Development Through Holistic Approach. Visi : Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 14(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2

BAN PAUD PNF. (2020). Data Akreditasi Satuan PAUD (Kota Surakarta). http://jendela.data.kemdikbud.go.id/banpnf/index.php/chome/rekapitulasipaudstatusakreditasi?kode_wilayah=036100&tahun=

Batubara, H. H. (2016). PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI ALAT PENILAIAN KINERJA DOSEN DI PRODI PGMI UNISKA MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI. Universitas Islam Kalimantan MAB, 8(1), 39–50. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i1.91

Garcia, A. S., Rosario, M., & Guzman, T. De. (2020). The meanings and ways of parental involvement among low-income Filipinos. Early Childhood Research Quarterly, 53, 343–354. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.05.013

Haris, I. (2016). Kearifan Lokal Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng Sebagai Media Untuk Pengembangan Kemampuan Sosial Dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal AUDI, 1(1), 15–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33061/ad.v1i1.1204

Inawati, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64.

Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millennial. Ilmu Tarbiyah, 7(2), 282–314. http://ejournal.stitmuhpacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/138

Permendikbud No.137 Tahun 2014, Pub. L. No. 137 Tahun 2014 (2014).

Permendikbud No.146 Tahun 2014, (2015).

Kemdikbud. (2020). Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kabupaten/Kota : Kota Surakarta Berdasarkan Bentuk TK/RA. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21_tkra.php?kode=036100&level=2

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(1), 1–16. https://doi.org/DOI : 10.29408/goldenage.v1i01.479

Kusumawati, I., & Zuchdi, D. (2019). Pendidikan Moral Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Konstruktivis. AoEJ: Academy of Education Journal, 10(1), 63–75. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/272

Lestariningrum, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Vcd Terhadap Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 201–212.

Marta, M. (2015). Like parent, like child? Development of prejudice and tolerance towards immigrants. British Journal of Psychology, 107(1), 95–116. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/bjop.12124

Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370

Melati, P. (2018). Hubungan antara perhatian yang diberikan orang tua dengan tingkat perkembangan moral anak usia dini. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 79–92. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i1.8

Notosrijoedono, R. A. A. (2015). Menanamkan Kecerdasan Moral Sejak Anak Usia Dini Pada Keluarga Muslim. Jurnal Tarbiyah, 22(1), 132–146. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/tar.v22i1.9

Ockwel-Smith, S. (2017). The Gentle Discipline Book: How to Raiseco-operative, polite and helpful children (1st ed.). Piatkus.

Pamungkas, J. (2016). Stimulasi Perkembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Estetika Gerak Permainan Tradisional Masyarakat Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2), 1–9. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i2.8265

Paulina, S. (2016). Teori Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Relevansinya Bagi Pendidikan Moral Anak Di Indonesia. Jurnal Filsafat, 26(2), 214–248. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jf.12784

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. 1(2), 139–147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25

Pranoto, Y. K. S. (2017). Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah. Edukasi, 2(1), 1–7.

Putra, N., & Dwilestari, N. (2013). Penelitian Kualitatif PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) (II). PT RajaGrafindo Persada.

Putra, S. (2019). Degradasi Moral Pelajar Masa Kini, Refleksi Masa Depan Bangsa? https://geotimes.co.id/opini/degradasi-moral-pelajar-masa-kini-refleksi-masa-depan-bangsa/

Suminah, E., Siantayani, Y., Paramitha, D., Ritayanti, U., & Nugraha, A. (2018). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (E. Yulaelawati & K. Restuningsih (eds.)). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Kemdikbud.

Supriyanto, A., & Wahyudi, A. (2017). Skala karakter toleransi: konsep dan operasional aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran individu. Counsellia : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 61–70. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v7i2.1710

Syafri, F. (2018). MEMAHAMI PERKEMBANGAN PSIKOLOGI KEAGAMAAN ANAK USIA DINI. Al Fitrah : Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1519

Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan sikap peduli pada anak melalui interaksi kegiatan sosial. Journal of Social Science Teaching, 1(1), 39–59. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1234/ji.v1i1.3100

Tanfidiyah, N. (2018). Perkembangan Agama Dan Moral Yang Tidak Tercapai Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.1842

Wirawan, R. A., & Rahman, M. Z. (2018). Hubungan Antara Pemahaman Diri Dengan Sikap Saling Menghargai Siswa Kelas VIII SMP. Geography : Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 7–13. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/geography.v6i2.1417

Wiyani, N. A. (2016). Kompetisi dan Strategi Pengembangan Lembaga PAUD Islam Berdaya Saing di TK Islam Al-Irsyad Banyumas. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 53–74. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/manageria.2016.11-04

Published

2021-01-04

How to Cite

Jumiatmoko, J., & Hanafi, M. (2021). Titik Lemah Perkembangan Moral Anak Usia Dini pada Lembaga PAUD Berbasis Keagamaan. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 5(2), 91–98. https://doi.org/10.33061/jai.v5i2.4393