Pemanfaatan Bookcreator untuk Optimalisasi Literasi Digital Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v7i2.9814Abstrak
Pesatnya perkembangan teknologi 5.0 mewajibkan para guru memiliki kompetensi dalam memanfaatkan teknologi secara optimal (ICT Competence). Guru diharapkan berinovasi dalam proses pembelajaran seperti mengembangkan bahan ajar interaktif dan menarik. Selain itu, sumber belajar efektif yang siap pakai dan sesuai kebutuhan masih minim. Terlebih lagi, penggunaan kurikulum Merdeka yang mengharuskan para stakeholder dan pelajar bergerak sedinamis mungkin. Hal tersebut tentu menghambat proses belajar mengajar. Melalui kegiatan ini, para guru mampu menciptakan bahan ajar digital berupa e-modul dengan bantuan aplikasi ebookcreator. Metode kegiatan ini berupa penyampaian materi, pelatihan sekaligus pendampingan, dan evaluasi. Hasil kegiatan ini diantaranya mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan para guru dalam membuat bahan ajar digital. Bahan ajar tersebut dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar para siswa. Hal tersebut beriringan dengan meningkatnya kreativitas para guru dalam memanfaatkan segala sumber digital yang sesuai kebutuhan sebagai bahan ajar.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sukma Shinta Yunianti, Taufik Arochman
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.