Pemanfaatan Bookcreator untuk Optimalisasi Literasi Digital Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar

Penulis

  • Sukma Shinta Yunianti Universitas Tidar
  • Taufik Arochman Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v7i2.9814

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi 5.0 mewajibkan para guru memiliki kompetensi dalam memanfaatkan teknologi secara optimal (ICT Competence). Guru diharapkan berinovasi dalam proses pembelajaran seperti mengembangkan bahan ajar interaktif dan menarik. Selain itu, sumber belajar efektif yang siap pakai dan sesuai kebutuhan masih minim. Terlebih lagi, penggunaan kurikulum Merdeka yang mengharuskan para stakeholder dan pelajar bergerak sedinamis mungkin. Hal tersebut tentu menghambat proses belajar mengajar. Melalui kegiatan ini, para guru mampu menciptakan bahan ajar digital berupa e-modul dengan bantuan aplikasi ebookcreator. Metode kegiatan ini berupa penyampaian materi, pelatihan sekaligus pendampingan, dan evaluasi. Hasil kegiatan ini diantaranya mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan para guru dalam membuat bahan ajar digital. Bahan ajar tersebut dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar para siswa. Hal tersebut beriringan dengan meningkatnya kreativitas para guru dalam memanfaatkan segala sumber digital yang sesuai kebutuhan sebagai bahan ajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-10-28

Cara Mengutip

Yunianti, S. S., & Arochman, T. (2023). Pemanfaatan Bookcreator untuk Optimalisasi Literasi Digital Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 278–288. https://doi.org/10.33061/awpm.v7i2.9814