Wahana Edukasi Kreatif Sebagai Sarana Peningkatan Life Skill Siswa SD Bernuansa Alam Desa Darsono
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v7i2.9813Abstrak
Desa Darsono merupakan desa yang terletak di Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kondisi perekonomian di Desa Darsono tergolong rendah dan diperparah dengan rendahnya kemampuan literasi. Desa Darsono memiliki beberapa potensi, seperti lahan kosong, suasana desa yang masih asri dan berbagai fasilitas di desa. Oleh karena itu, kami mengusung program pengabdian yang berfokus pada peningkatan mutu pendidikan formal melalui program “Edu Nature Park : Wahana Edukasi Kreatif Sebagai Sarana Peningkatan Life Skills Siswa SD Bernuansa Alam di Desa Darsono, Kabupaten Jemberâ€. Edu Nature Park merupakan program edukasi yang menyenangkan dan mengacu pada alam yang berada di Desa Darsono. Permasalahan di Desa Darsono, yaitu masih adanya kasus putus sekolah akibat faktor ekonomi maupun pernikahan di bawah umur hingga rendahnya minat baca masyarakat. Anak di Desa Darsono mayoritas lebih sering menggunakan waktunya dengan bermain. Metode pemberdayaan masyarakat desa dilakukan secara penuh di lapangan (offline) dengan menggunakan metode PRA (Participatory Rural Appraisal).
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Cindy Dwi Cahyaningtyas, Ayu Widayanti, Mutiara Shofia Zahra, Anis Widayanti, Yussy Miranda, Rusdianto Rusdianto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.