Pendampingan dan Pengembangan Usaha UMKM Anis Tempe melalui Branding Produk di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v8i1.9810Abstrak
Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di era digital saat ini diperlukan suatu branding produk melalui media sosial. Penguatan branding produk UMKM dengan melakukan pendampingan usaha melalui program Kuliah Kerja Usaha (KKU) yang dilakukan oleh Universitas YPPI Rembang. Dalam hal ini, UMKM yang didampingi adalah UMKM Anis Tempe yang berlokasi di Desa Meteseh Kaliori, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Permasalahan yang dialami UMKM Anis Tempe yaitu pada tahap pemasaran (branding), kurangnya kemampuan dalam digitalisasi, belum memiliki izin usaha dan belum memiliki logo usaha. Solusi dari permasalahan tersebut, maka dilakukan program pengabdian masyarakat dengan pendampingan dan pengembangan dalam penguatan branding produk melalui media sosial sebagai strategi dan perluasan pemasaran, serta pembuatan logo dan label produk yang menarik. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terciptanya logo dan label produk yang menarik, mempunyai akun media sosial, mencantumkan lokasi UMKM di google maps dan mempunyai izin usaha untuk kelangsungan usahanya.
Kata Kunci: Pendampingan, UMKM, Branding Produk
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Adelia Ika Damayanti, Anik Nurhidayati, Sirojul Ihsan, M Hisyam Aminur Rohman
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.