Pendampingan dan Pengembangan Usaha UMKM Anis Tempe melalui Branding Produk di Era Digital

Penulis

  • Adelia Ika Damayanti Universitas YPPI Rembang
  • Anik Nurhidayati Universitas YPPI Rembang
  • Sirojul Ihsan Universitas YPPI Rembang
  • M Hisyam Aminur Rohman Universitas YPPI Rembang

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v8i1.9810

Abstrak

Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di era digital saat ini diperlukan suatu branding produk melalui media sosial. Penguatan branding produk UMKM dengan melakukan pendampingan usaha melalui program Kuliah Kerja Usaha (KKU) yang dilakukan oleh Universitas YPPI Rembang. Dalam hal ini, UMKM yang didampingi adalah UMKM Anis Tempe yang berlokasi di Desa Meteseh Kaliori, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Permasalahan yang dialami UMKM Anis Tempe yaitu pada tahap pemasaran (branding), kurangnya kemampuan dalam digitalisasi, belum memiliki izin usaha dan belum memiliki logo usaha. Solusi dari permasalahan tersebut, maka dilakukan program pengabdian masyarakat dengan pendampingan dan pengembangan dalam penguatan branding produk melalui media sosial sebagai strategi dan perluasan pemasaran, serta pembuatan logo dan label produk yang menarik. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terciptanya logo dan label produk yang menarik, mempunyai akun media sosial, mencantumkan lokasi UMKM di google maps dan mempunyai izin usaha untuk kelangsungan usahanya.

Kata Kunci: Pendampingan, UMKM, Branding Produk

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-03-30

Cara Mengutip

Damayanti, A. I. ., Nurhidayati, A. ., Ihsan, S., & Aminur Rohman, M. H. . (2024). Pendampingan dan Pengembangan Usaha UMKM Anis Tempe melalui Branding Produk di Era Digital. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 509–515. https://doi.org/10.33061/awpm.v8i1.9810