Optimalitasi Digital Marketing pada UMKM Amadonathi melalui Sosial Media dan Website

Penulis

  • Abraham Yoga Pratama Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Zefanya Albert Pambudi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Christeyssa Magrita Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Imanuel Madea Sakti Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v7i2.9342

Abstrak

Kehadiran secara online dari UMKM di berbagai platform digital saat ini menjadi sebuah kebutuhan. Dua di antaranya adalah media sosial dan website sebagai media pemasaran digital. Namun, banyak UMKM yang memiliki keterbatasan pemahaman dan kemampuan mengenai pemasaran digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada UMKM Amadonathi, usaha kuliner donat di Kota Salatiga. Kegiatan tersebut antara lain pelatihan dan pendampingan dalam merancang content plan menggunakan Google Spreadsheet, membuat desain konten menggunakan aplikasi Canva, dan mengembangkan website menggunakan Google Sites. Selain itu, kegiatan ini melaksanakan pre-test dan post-test untuk melihat hasil sebelum dan sesudah kegiatan pelatihan dan pendampingan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pelaku usaha mengenai pemasaran digital. Diharapkan hasil kegiatan berupa content plan, desain konten, dan website dapat dilanjutkan dan dikembangkan oleh pelaku usaha Amadonathi secara mandiri di masa mendatang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-10-28

Cara Mengutip

Pratama, A. Y. ., Pambudi, Z. A. ., Magrita, C. ., & Sakti, I. M. (2023). Optimalitasi Digital Marketing pada UMKM Amadonathi melalui Sosial Media dan Website. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 243–250. https://doi.org/10.33061/awpm.v7i2.9342