Optimalitasi Digital Marketing pada UMKM Amadonathi melalui Sosial Media dan Website
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v7i2.9342Abstrak
Kehadiran secara online dari UMKM di berbagai platform digital saat ini menjadi sebuah kebutuhan. Dua di antaranya adalah media sosial dan website sebagai media pemasaran digital. Namun, banyak UMKM yang memiliki keterbatasan pemahaman dan kemampuan mengenai pemasaran digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada UMKM Amadonathi, usaha kuliner donat di Kota Salatiga. Kegiatan tersebut antara lain pelatihan dan pendampingan dalam merancang content plan menggunakan Google Spreadsheet, membuat desain konten menggunakan aplikasi Canva, dan mengembangkan website menggunakan Google Sites. Selain itu, kegiatan ini melaksanakan pre-test dan post-test untuk melihat hasil sebelum dan sesudah kegiatan pelatihan dan pendampingan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pelaku usaha mengenai pemasaran digital. Diharapkan hasil kegiatan berupa content plan, desain konten, dan website dapat dilanjutkan dan dikembangkan oleh pelaku usaha Amadonathi secara mandiri di masa mendatang.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Abraham Yoga Pratama, Zefanya Albert Pambudi, Christeyssa Magrita, Imanuel Madea Sakti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.