STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MELALUI PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM ESHAN.ID_ BEJI DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v7i2.9234Abstrak
UMKM berperan penting dalam perekonomian di Indonesia. UMKM dapat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai sarana pemerataan tingkat ekonomi rakyat kecil, sarana mengentaskan kemiskinan dan sarana pemasukan devisa bagi negara.
Di balik pentingnya kontribusi UMKM tersebut terhadap perekonomian nasional, ternyata sektor ini masih menyimpan banyak permasalahan, salah satunya masih lemahnya UMKM dalam memasarkan produknya. Tujuan pengabdian pada masyarakat dilakukan untuk melakukan pendampingan pada UMKM berhubungan dengan pemanfaatan tehnologi digital untuk meningkatkan penjualan produknya khususnya pada UMKM Eshan.id_. UMKM Ehsan.id_ merupakan usaha dibidang kerajinan tangan rajut, yang pada tahun 2022 mengalami ketercapaian target pendapatan yang hanya mencapai 63,05%, sehingga perlu ditentukan strategi yang tepat dalam memasarkan produknya, seperti melalui digital pemasaran. Pendampingan ditujukan agar UMKM dapat memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan dengan cara membuat konten media sosial di Instagram dan Tiktok. Hasil dari kegiatan ini yaitu Pemberian makna dan filosofi pada logo untuk memenuhi persyaratan pembuatan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) dan juga profil perusahaan yang dapat digunakan oleh UMKM dalam melakukan pemasaran produk. Selain itu, pemilik UMKM juga memperoleh edukasi mengenai teori pemasaran produk secara digital melalui media sosial yang efektif dan tepat sasaran
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Endang Silaningsih; Elma Fitriyani; Endang Silaningsih, Tini Kartini
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.