STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MELALUI PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM ESHAN.ID_ BEJI DEPOK

Penulis

  • Hasanudin Alfahri UNIVERSITAS DJUANDA BOGOR
  • Elma Fitriyani Universitas Djuanda Bogor
  • Hasanudin Alfahri Universitas Djuanda Bogor
  • Tini Kartini Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v7i2.9234

Abstrak

UMKM berperan penting dalam perekonomian di Indonesia. UMKM dapat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai sarana pemerataan tingkat ekonomi rakyat kecil, sarana mengentaskan kemiskinan dan sarana pemasukan devisa bagi negara.

Di balik pentingnya kontribusi UMKM  tersebut terhadap perekonomian nasional, ternyata sektor ini masih menyimpan banyak permasalahan, salah satunya  masih lemahnya UMKM dalam memasarkan produknya. Tujuan pengabdian pada masyarakat dilakukan untuk melakukan pendampingan  pada UMKM berhubungan dengan pemanfaatan tehnologi digital untuk meningkatkan penjualan produknya khususnya pada UMKM Eshan.id_. UMKM Ehsan.id_ merupakan usaha dibidang kerajinan tangan rajut, yang pada tahun 2022 mengalami ketercapaian target pendapatan yang hanya mencapai 63,05%, sehingga perlu ditentukan strategi yang tepat dalam memasarkan produknya, seperti melalui digital pemasaran. Pendampingan ditujukan agar UMKM dapat memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan dengan cara membuat konten media sosial di Instagram dan Tiktok. Hasil dari kegiatan ini yaitu Pemberian makna dan filosofi pada logo untuk memenuhi persyaratan pembuatan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) dan juga profil perusahaan yang dapat digunakan oleh UMKM  dalam melakukan pemasaran produk. Selain itu, pemilik UMKM juga memperoleh edukasi mengenai teori pemasaran produk secara digital melalui media sosial yang efektif dan tepat sasaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-10-28

Cara Mengutip

Alfahri, E. ., Fitriyani , E. ., Alfahri, H. ., & Kartini, T. . (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MELALUI PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM ESHAN.ID_ BEJI DEPOK. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 328–338. https://doi.org/10.33061/awpm.v7i2.9234