STIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI DENALI DEVELOPMENT CENTER
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v7i1.8626Abstrak
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai perkembangan bahasa anak usia dini dari kegiatan stimulasi pembelajaran melalui media pembelajaran video interaktif di Denali Development Center (DDC). Video interaktif dipilih karena dinilai sangat cocok bagi karakteristik anak usia dini yang cenderung mudah bosan, memiliki fokus dan konsentrasi yang masih rendah, serta cenderung aktif dan sulit untuk duduk diam. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di DDC ditemukan permasalahan dimana beberapa anak yang berusia 1-3 tahun mengalami keterlambatan bicara dimana anak belum dapat mengucapkan kosakata dengan benar ketika berkomunikasi, kosakata yang dikuasai anak masih sedikit, anak belum dapat menyusun kalimat sederhana ketika berkomunikasi, anak belum bisa memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan dengan cepat serta lugas dan anak belum mampu menyimak dengan baik. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama masa pengabdian secara bertahap anak mengalami perkembangan bahasa yang cukup signifikan dimana anak yang pendiam dan tidak pernah mengeluarkan suaranya ataupun memberikan reaksi perlahan anak ini mulai mau mengeluarkan suara seperti suara tawa atau bubbling. Dan anak lainnya yang tidak dapat mengucapkan kata dengan benar secara bertahap anak ini dapat mengucapkan beberapa kata dengan baik dan dapat dimengerti maknanya serta kosakata yang dikuasai juga berkembang. Oleh karena itu memberikan stimulasi pada anak sangatlah penting untuk mencapai tahap perkembangannya. Anak yang kurang mendapatkan stimulasi cenderung akan memiliki permasalahan dan hambatan dalam perkembangannya.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rindri Suci Rodia
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.