Workshop Pilah Sampah Sebagai Kampanye Peningkatan Kesadaran Lingkungan Bersama Rapel Solo Raya

Penulis

  • Novita Haryono Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Andrine Prima Afneta Arzil Universitas Sebelas Maret
  • Aulia Suminar Ayu Universitas Sebelas Maret
  • Sri Hastjarjo Universitas Sebelas Maret
  • Widyantoro Widyantoro Universitas Sebelas Maret
  • Hamid Arifin Universitas Sebelas Maret
  • Pawito Pawito Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v8i1.8142

Abstrak

Masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan lingkungan yang bersih, indah, nyaman dan sehat; mendapatkan pelayanan kebersihan; memanfaatkan dan mengolah sampah; berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengelolaan sampah; serta mendapatkan informasi dari pemerintah daerah dan/atau pihak lain yang berkaitan langsung dengan keberlangsungan lingkungan hidup terkait sampah. Hak tersebut berimplikasi langsung dengan kewajiban masyarakat terkait pengelolaan sampah rumah tangga dan/atau sampah sejenis sampah rumah tangga dengan wajib melakukan pengurangan dan/atau penanganan sampah dengan cara yang berwawasan lingkungan. Sayangnya penanganan sampah berwawasan lingkungan belum berjalan dengan baik karena fasilitas yang kurang memadai, penegakan peraturan, dan rendahnya kesadaran dari masyarakat sendiri. PT. Wahana Anugerah Energi telah mengembangkan sistem pengumpulan dan transportasi sampah menggunakan aplikasi telepon pintar yang disebut Rapel. Rapel mengkampanyekan pengelolaan sampah berkelanjutan di rumah tangga. Saat ini, Rapel menyediakan layanan penjemputan sampah terutama untuk sampah anorganik daur ulang. Namun, permasalahan yang dihadapi diantaranya: jangkauan masyarakat yang luas namun dengan Sumber Daya Manusia (SDM) PT. Wahana Anugerah Energi (Rapel Surakarta) yang terbatas, sarana dan prasarana bagi berlangsungnya kegiatan perluasan pemahaman pengelolaan sampah bagi masyarakat yang belum cukup memadai, aplikasi Rapel belum diketahui oleh masyarakat Surakarta kebanyakan, permasalahan sampah belum menjadi top of mind bagi masyarakat Surakarta sebagai isu lingkungan yang harus segera diatasi, kurangnya awareness masyarakat Kota Surakarta terkait pengelolaan sampah, kurangnya kerjasama dan koordinasi dengan instansi terkait permasalahan sampah sehingga teknologi Rapel belum mendapatkan kepercayaan masyarakat, masyarakat Surakarta kurang mengetahui integrasi data terkait informasi permasalahan lingkungan.

Dari permasalahan ini, kemudian kami merancang program komunikasi pemasaran sosial sehingga tujuan Rapel Indonesia untuk menggerakkan masyarakat melakukan pemilahan sampah limbah rumah tangga dapat tercapai. Untuk mencapai hal ini, kami merancang workshop pilah sampah dengan menghadirkan narasumber kredibel seperti perwakilan Lyfe With Less dan pengelola Rapel Indonesia

Kata Kunci : Pengelolaan Sampah, Edukasi, Masyarakat, Teknologi, Surakarta

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-03-30

Cara Mengutip

Haryono, N., Arzil, A. P. A., Suminar Ayu, A., Hastjarjo, S., Widyantoro, W., Arifin, H., & Pawito, P. (2024). Workshop Pilah Sampah Sebagai Kampanye Peningkatan Kesadaran Lingkungan Bersama Rapel Solo Raya. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 420–433. https://doi.org/10.33061/awpm.v8i1.8142