Peran Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang dan Aktivitas Fisik pada Siswa SMA/Sederajat di Banten
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v6i1.6949Abstrak
Obesitas merupakan salah satu masalah gizi yang banyak terjadi pada remaja. Laporan survei nasional Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan adanya kenaikan prevalensi kegemukan pada remaja, sebesar 7,5% (2013) dan 9,5% (2018). Obesitas juga menjadi salah satu faktor risiko penyakit degeneratif. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan informasi tentang pedoman gizi seimbang dan aktivitas fisik untuk mencegah terjadinya obesitas pada masa pandemi Covid-19. Edukasi pedoman gizi seimbang dan aktivitas fisik dilakukan melalui platform zoom meeting. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa kelas 10-12 SMA/sederajat yang berada di Provinsi Banten. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata skor pengetahuan setelah diberikan edukasi yaitu dari 7,48 menjadi 14,09, selain itu terdapat perbedaan signifikan antara skor pengetahuan sebelum dan sesudah tes (p value = 0,000). Hal tersebut menunjukkan bahwa metode daring menggunakan zoom meeting merupakan pilihan yang tepat untuk pelaksanaan edukasi gizi pada masyarakat di masa pandemi Covid-19.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Mukhlidah Hanun Siregar, Ratu Diah Koerniawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.