Peran Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang dan Aktivitas Fisik pada Siswa SMA/Sederajat di Banten

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v6i1.6949

Abstrak

Obesitas merupakan salah satu masalah gizi yang banyak terjadi pada remaja. Laporan survei nasional Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan adanya kenaikan prevalensi kegemukan pada remaja, sebesar 7,5% (2013) dan 9,5% (2018). Obesitas juga menjadi salah satu faktor risiko penyakit degeneratif. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan informasi tentang pedoman gizi seimbang dan aktivitas fisik untuk mencegah terjadinya obesitas pada masa pandemi Covid-19. Edukasi pedoman gizi seimbang dan aktivitas fisik dilakukan melalui platform zoom meeting. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa kelas 10-12 SMA/sederajat yang berada di Provinsi Banten. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata skor pengetahuan setelah diberikan edukasi yaitu dari 7,48 menjadi 14,09, selain itu terdapat perbedaan signifikan antara skor pengetahuan sebelum dan sesudah tes (p value = 0,000). Hal tersebut menunjukkan bahwa metode daring menggunakan zoom meeting merupakan pilihan yang tepat untuk pelaksanaan edukasi gizi pada masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Mukhlidah Hanun Siregar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Department of Nutrition

Ratu Diah Koerniawati, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Gizi, Fakultas Kedokteran

Diterbitkan

2022-04-01

Cara Mengutip

Siregar, M. H., & Koerniawati, R. D. . (2022). Peran Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang dan Aktivitas Fisik pada Siswa SMA/Sederajat di Banten. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 92–100. https://doi.org/10.33061/awpm.v6i1.6949