PENULISAN KARYA ILMIAH SEBAGAI IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESI GURU PADA DEWAN PENDIDIKAN KOTA SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v4i2.4413Abstrak
Pengembangan kompetensi profesi guru dalam menunjang kualitas pembelajaran, salah satunya adalah melalui penulisan karya ilmiah yang inovatif dan kreatif, namun masih ada sebagian guru yang belum bisa melakukannya dengan optimal untuk memenuhi standar kompetensinya. Permasalahan tersebut dikarenakan belum terbiasanya guru melakukan kewajiban yang harus dilakukan secara rutin tentang peningkatan kualitas pembelajarannya serta belum adanya tuntutan yang harus dilakukannya, selain terpaksa karena memenuhi kewajiban dalam kenaikan pangkat. Tujuan dalam penulisan ini adalah peningkatan pemahaman guru SMP dan SD dalam melakukan penulisan karya ilmiah, yang berkaitan dengan pengembangan kualitas pembelajarannya melalui gagasan informatif dan kreatif dalam memenuhi kompetensi profesi guru. Metode dalam penulisan jurnal pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan, pendampingan, dan diskusi dilakukan oleh semua guru untuk menyusun karya ilmiah dalam bentuk artikel, makalah, laporan, dan pembuatan proposal PTK. Hasil yang dicapai adalah kemajuan (progress) pengabdian ini diukur dari: (1) peningkatan ketrampilan guru dalam memahami penulisan karya ilmiah, (2) manajemen tata cara penulisan, (3) project yang berupa praktif penulisan proposal dan karya ilmiah di akhir pelatihan dengan menerapkan nilai pre-test dan post test yang dilaksanakan pada pertemuan, (4) peningkatan kesadaran menulis, (5) peningkatan peran serta guru, (6) terwujudnya karya ilmiah yang siap dipublikasikan.Unduhan
Referensi
Institut Pertanian Bogor. (2012). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Penerbit: IPB Press. Bogor.
Janosik, S. M. (2005).Title. In NASPA Journal (Vol. 42, Issue 4). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277. https://doi.org/10.21009/aksis.010208
Maarif, A. A. (2015). Penerapan Algoritma TF-IDF untuk Pencarian Karya Ilmiah. Dokumen Karya Ilmiah | Tugas Akhir | Program Studi Teknik Informatika - S1 | Fakultas Ilmu Komputer | Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 5, 4. mahasiswa.dinus.ac.id/docs/skripsi/jurnal/15309.pdf
Maritim, U., & Ali, R. (2013). Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang 2013 Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. 1–43. Http://Bdp.Fikp.Umrah.Ac.Id/Wp-Content/Uploads/Sites/4/2017/04/Berkas-Pedoman-Penulisan-Karya-Ilmiah-Skripsi-Umrah.
Machmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Penerbit Selaras, 34(11), 1–264. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/584/724
Nugrahani, F., & Al-Ma’ruf, A. I. (2016). Metode Penulisan Karya Ilmiah Panduan Bagi Mahasiswa Ilmuwan Dan Eksekutif. In Yogyakarta: Nuansa Aksara. http://lppm.univetbantara.ac.id/data/materi/farida02_upload.pdf
Susilo. (2015), Pengertian Karya Ilmiah, . https://bloggueblog.wordpress.com/tag/pengertian-karya-ilmiah/diaksespadatanggal11Januari2015.
Tri Wulandari, A. S. U. (2013). Terbitan Berkala Di Badan Arsip Dan Perpustakaan Jawa Tengah. 2, 2–7.
Pertama, B. (n.d.). Pedoman penulisan karya ilmiah.
Wasmana. (2011). Penulisan Karya Ilmiah. Stkip Siliwangi Bandung.
Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), Wahyuni,E. S.(2016).Pengaruh kemampuanberpikir kritis,pemahamanbacaan,dan Pengaturan Diri TerhadapKemampuan Menulis Ilmiah.Ranah, 4 (1), 120-132.
Suhardjono.1995.PedomanPenyusunanKaryaTulisIlmiahdibidangPendidikandan AngkaKredit Pengembangan ProfesiGuru.Jakarta:Dikgutentis.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.