PENULISAN KARYA ILMIAH SEBAGAI IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESI GURU PADA DEWAN PENDIDIKAN KOTA SURAKARTA

Penulis

  • Siti Supeni
  • Inggis Mialiawati

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v4i2.4413

Abstrak

Pengembangan kompetensi profesi guru dalam menunjang kualitas pembelajaran, salah satunya adalah melalui penulisan karya ilmiah yang inovatif dan kreatif, namun masih ada sebagian guru yang belum bisa melakukannya dengan optimal untuk memenuhi standar kompetensinya. Permasalahan tersebut dikarenakan belum terbiasanya guru melakukan kewajiban yang harus dilakukan secara rutin tentang peningkatan kualitas pembelajarannya serta belum adanya tuntutan yang harus dilakukannya, selain terpaksa karena memenuhi kewajiban dalam kenaikan pangkat. Tujuan dalam penulisan ini adalah peningkatan pemahaman guru SMP dan SD dalam melakukan penulisan karya ilmiah, yang berkaitan dengan pengembangan kualitas pembelajarannya melalui gagasan informatif dan kreatif dalam memenuhi kompetensi profesi guru. Metode dalam penulisan jurnal pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan, pendampingan, dan diskusi dilakukan oleh semua guru untuk menyusun karya ilmiah dalam bentuk artikel, makalah, laporan, dan pembuatan proposal PTK. Hasil yang dicapai adalah kemajuan (progress) pengabdian ini diukur dari: (1) peningkatan ketrampilan guru dalam memahami penulisan karya ilmiah, (2) manajemen tata cara penulisan, (3) project yang berupa praktif penulisan proposal dan karya ilmiah di akhir pelatihan dengan menerapkan nilai pre-test dan post test yang dilaksanakan pada pertemuan, (4) peningkatan kesadaran menulis, (5) peningkatan peran serta guru, (6) terwujudnya karya ilmiah yang siap dipublikasikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Institut Pertanian Bogor. (2012). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Penerbit: IPB Press. Bogor.

Janosik, S. M. (2005).Title. In NASPA Journal (Vol. 42, Issue 4). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277. https://doi.org/10.21009/aksis.010208

Maarif, A. A. (2015). Penerapan Algoritma TF-IDF untuk Pencarian Karya Ilmiah. Dokumen Karya Ilmiah | Tugas Akhir | Program Studi Teknik Informatika - S1 | Fakultas Ilmu Komputer | Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 5, 4. mahasiswa.dinus.ac.id/docs/skripsi/jurnal/15309.pdf

Maritim, U., & Ali, R. (2013). Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang 2013 Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. 1–43. Http://Bdp.Fikp.Umrah.Ac.Id/Wp-Content/Uploads/Sites/4/2017/04/Berkas-Pedoman-Penulisan-Karya-Ilmiah-Skripsi-Umrah.

Machmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Penerbit Selaras, 34(11), 1–264. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/584/724

Nugrahani, F., & Al-Ma’ruf, A. I. (2016). Metode Penulisan Karya Ilmiah Panduan Bagi Mahasiswa Ilmuwan Dan Eksekutif. In Yogyakarta: Nuansa Aksara. http://lppm.univetbantara.ac.id/data/materi/farida02_upload.pdf

Susilo. (2015), Pengertian Karya Ilmiah, . https://bloggueblog.wordpress.com/tag/pengertian-karya-ilmiah/diaksespadatanggal11Januari2015.

Tri Wulandari, A. S. U. (2013). Terbitan Berkala Di Badan Arsip Dan Perpustakaan Jawa Tengah. 2, 2–7.

Pertama, B. (n.d.). Pedoman penulisan karya ilmiah.

Wasmana. (2011). Penulisan Karya Ilmiah. Stkip Siliwangi Bandung.

Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), Wahyuni,E. S.(2016).Pengaruh kemampuanberpikir kritis,pemahamanbacaan,dan Pengaturan Diri TerhadapKemampuan Menulis Ilmiah.Ranah, 4 (1), 120-132.

Suhardjono.1995.PedomanPenyusunanKaryaTulisIlmiahdibidangPendidikandan AngkaKredit Pengembangan ProfesiGuru.Jakarta:Dikgutentis.

Unduhan

Diterbitkan

2020-11-02

Cara Mengutip

Supeni, S., & Mialiawati, I. (2020). PENULISAN KARYA ILMIAH SEBAGAI IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESI GURU PADA DEWAN PENDIDIKAN KOTA SURAKARTA. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 166–179. https://doi.org/10.33061/awpm.v4i2.4413

Terbitan

Bagian

Artikel